Dicadangkan MotoGP, Sirkuit Mandalika Justru Masuk Line Up Superbike 2021

Rabu, 10 Maret 2021 - 02:30 WIB
loading...
Dicadangkan MotoGP, Sirkuit Mandalika Justru Masuk Line Up Superbike 2021
MotoGP masih menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah cadangan di musim 2021. Alasannya Dorna Sports menyebut perlu dilakukan dulu proses homologasi. Instagram
A A A
LOMBOK - MotoGP masih menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah cadangan di musim 2021. Alasannya Dorna Sports selaku penyelenggara menyebut perlu dilakukan dulu proses homologasi terhadap Sirkuit Mandalika . Tapi, ini tidak berlaku di Superbike.



Jadi, sekali pun sirkuit yang terletak Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat itu sudah rampung, masih harus melalui serangkaian tes agar bisa menjadi tuan rumah MotoGP. Ini yang membuat nasib GP Indonesia di MotoGP 2021 masih mengambang.

Menariknya, tak seperti MotoGP, ajang balap motor Superbike WorldSBK justru sudah memasukkan Sirkuit Mandalika di kalender musim 2021. Dalam laman resminya, Indonesia akan menjadi seri ke-11 dalam rangkaian musim 2021 itu.

Jadi, Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan Superbike WorldSBK 2021 pada 12-14 November 2021. Indonesia akan menjadi dua seri terakhir dalam ajang balapan tersebut.

Meski demikian, Sirkuit Mandalika tetap perlu melalui proses homologasi. Dalam laman resmi WorldSBK, pihak Federasi Motor Internasional (FIM) dan Dorna WSBK (DWK) tetap akan melakukan proses homologasi sebelum menggelar balapan.

Meski sama-sama masih harus melalui proses homologasi, setidaknya Superbike WorldSBK lebih berani karena sudah memasukkan seri Indonesia ke kalender musim 2021 mereka. Tanggalnya pun sudah ditentukan.

Sementara MotoGP masih belum yakin memasukkan Indonesia menjadi tuan rumah di musim 2021 ini. Sebab itulah mereka hanya menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai balapan cadangan karena masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai penyelenggara.

Kabar baiknya, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang berada dalam daftar cadangan karena MotoGP mencoret Rusia. Karena itu, Indonesia masih bisa berharap tinggi untuk masuk dalam daftar utama jadwal MotoGP 2021.



Terlebih Indonesia saat ini sudah berusaha sangat keras untuk mengejar homologasi pada Juni 2021. Bahkan pihak MotoGP dan para pembalap sudah menyatakan keinginannya untuk mentas di sirkuit anyar tersebut.

(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)