alexametrics

Langkah Vettel Bertahan di Formula One Makin Berat

loading...
Langkah Vettel Bertahan di Formula One Makin Berat
Sebastian Vettel. Foto/Reuters
A+ A-
VIENNA - Keinginan Sebastian Vettel tetap balapan di Formula One (F1) pada musim 2021 semakin berat. Pasalnya, bos tim Mercedes AMG Toto Wolff sudah menyatakan jika juara dunia F1 empat kali itu bukan prioritas dalam susunan pembalap timnya tahun depan.

Setelah mengumumkan akan meninggalkan Ferrari di akhir musim 2020 pada awal pekan lalu, nama Vettel sebenarnya masih memiliki daya tarik tinggi. Pasalnya, pembalap berusia 32 tahun ini juga dikaitkan dengan kepindahannya ke McLaren.

Namun, berselang dua hari setelah perpisahannya dengan Ferrari, McLaren mengonfirmasi bahwa Daniel Ricciardo akan bergabung dengan tim F1 pada 2021. Sementara posisi Vettel di Ferrari akan ditempati Carlos Sainz Jr.



Namun, rumor masa depan Vettel tetap masih ramai dibicarakan. Bahkan, pembalap asal Jerman ini dapat bermitra dengan sesama juara dunia F1 lainnya, Lewis Hamilton, di Mercedes, yang telah mendominasi F1 sejak era turbo-hybrid dimulai pada 2014. (Baca: Formula 1, Perekrutan Sainz Jadi Pertaruhan Ferrari)

Hanya, Wolff menyatakan jika fokus tim saat ini adalah George Russell, pembalap junior Mercedes yang melakukan debutnya di F1 tahun lalu bersama Williams.

“Bagi kami, pertanyaannya adalah apa yang harus dilakukan tentang Russell? Itu satu pilihan. Lalu, ada juga pilihan kepada Vettel. Tapi, itu bukan yang pertama dalam agenda kami. Karena, kami harus berkonsentrasi pada keinginan kami sendiri dan program pembalap jangka panjang,” kata Wolff, dilansir gotoday.

Tahun lalu, Russell menghabiskan musim pertamanya di F1 dengan hasil kurang meyakinkan. Dia berjuang bersama Williams untuk bisa bersaing dengan para rivalnya sepanjang tahun.

Namun, performa mobil Williams FW 42 dengan kekuatan mesin Mercedes M10 EQ Power+ 1.6 V6 t sangat buruk. Terbukti, pembalap berusia 22 tahun itu menyelesaikan musim dengan mendapatkan satu poin pun dan berada di posisi terakhir klasemen pembalap.

Namun, Russell tetap menjadi bidikan terkuat untuk menjadi pembalap Mercedes yang lebih mementingkan program pembalapnya. Apalagi, kontrak dua pembalap Mercedes, yakni Hamilton dan Valtteri Bottas akan habis di akhir musim ini. Jadi, Russell bisa saja menggantikan salah satu dari pembalapnya tersebut.

Meski begitu, Wolff sangat yakin bahwa Vettel masih memiliki daya tarik untuk beberapa tim F1. Namun, semua keputusan sekarang berada di tangannya apakah ingin tetap di F1 dengan tim lain atau memilih pensiun.

Menurutnya, beberapa tim lain juga memiliki ketertarikan untuk menggunakan jasanya. Namun, untuk bersaing sebagai juara dunia tetap akan berat jika tidak bersama tiga tim besar saat ini, Ferrari, Mercedes, dan Red Bull Racing. (Baca juga: Vettel Cabut, Saatnya Lewis Hamilton Membelot ke Ferrari)

“Vettel memegang kuncinya. Dia dapat memutuskan sendiri apakah ingin berhenti atau bergabung dengan tim lain. Masih ada beberapa tempat menarik untuk disinggahinya,” tandasnya. (Raikhul Amar)
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak