Tes Pramusim Bikin Mir Ragu Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP

loading...
Tes Pramusim Bikin Mir Ragu Pertahankan Gelar Juara Dunia MotoGP
Juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir. foto : motogp
DOHA - Performa GSX-RR pada tes pramusim MotoGP masih jauh dari harapan. Situasi ini membuat juara bertahan MotoGP Joan Mir agak sedikit khawatir dengan peluangnya mempertahankan gelar. Rider Suzuki Ecstar itu merasa belum memiliki modal yang cukup untuk bisa bersaing dengan pembalap lainnya.

Selama lima hari menjalani tes di Sirkuit Losail, Mir berhasil menembus catatan waktu tercepat di peringkat 10 besar. Namun itu tidak termasuk di hari terakhir. Mir tak mampu menyelesaikan program tesnya yang dijadwalkan melakukan long run sekaligus time attack untuk membuat waktu lap terbaik.

Mir hanya berada di garasi tim bersama Suzuki GSX-RR. Hal ini disebabkan karena lintasan berpasir yang membuat sebagian pembalap enggan melakukan tes.

“Tes pramusim tak positif bagi kami. Masih banyak yang harus kami kerjakan. Kami mencoba banyak komponen baru dalam beberapa hari terakhir. Akan tetapi sebagian tidak berjalan mulus, atau baru akan dipakai pada 2022,” kata Mir dilansir motorsport-total.



Mir mengungkapkan bahwa hingga berakhirnya uji coba resmi, dia belum mampu unjuk performa hingga 100%. Karena itu, dia berharap setelah tes ini timnya dapat meningkatkan performa motornya sebelum balapan berlangsung. Selama tes tersebut, catatan terbaiknya hanya di peringkat tujuh dengan satu menit 53,860 detik di hari keempat atau berselisih 0,66 detik dari rider tercepat dari Ducati Jack Miller.

“Bisa dibilang, mungkin saya baru mengeluarkan 70% dari kemampuan. Saya jelas bukan pembalap terkuat di trek saat ini. Namun, kami masih salah satu tim yang patut diperhitungkan,” ucap rider asal Spanyol tersebut.

Sementara rekan setimnya, Alex Rins, berada di peringkat kedelapan. Waktu lap terbaik peringkat ketiga MotoGP 2020 itu di tes Qatar terpaut 0,677 detik dari Miller. Mengacu hasil tes selama lima hari di Qatar (tes I digelar 6-7 Maret lalu), sepertinya Suzuki akan kembali mengandalkan sasis musim lalu untuk GSX-RR.
(abr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top