Pengertian Jump Ball Dalam Bola Basket Beserta Penjelasannya

Rabu, 17 Maret 2021 - 03:05 WIB
loading...
Pengertian Jump Ball Dalam Bola Basket Beserta Penjelasannya
Pengertian Jump Ball Dalam Bola Basket Beserta Penjelasannya. Foto: ESPN
A A A
JAKARTA - Pengertian jump balldalam olahragabasket penting untuk dipahami sebelum bermain olahraga tersebut. Sebab jump ball atau bola loncat adalah langkah awal dalam permainan basket.

Biasanya jump ball dilakukan di awal permainan dan berada di dalam lingkaran yang berada di tengah lapangan. Jump ball sendiri pengertian singkatnya adalah bola yang dilambungkan oleh wasit ke udara di antara dua pemain yang berlawanan saat hendak memulai pertandingan.



Bola yang dilempar ke atas itu nantinya bakal direbut hanya oleh dua pemain yang biasanya berposisi sebagai center. Jump ball baru akan dilakukan saat memulai permainan di awal dan ketika sehabis istirahat.

Jump ball juga dilakukan andai kata dua pemain yang berlawanan memegang bola bersama-sama, jump ball pun dilakukan dengan lingkaran tengah lapangan atau di daerah lemparan ke dalam. Ketika melakukan jump ball dua pemain yang berdiri di lingkaran tak boleh menangkap bola melainkan harus memukul bola ke arah rekan setim.

Cara Melakukan Jump Ball
Untuk melakukan jump ball, ada beberapa tata cara yang harus dipatuhi, seperti halnya pertama-tama kedua pemain tim yang berbeda berdiri dengan kedua kaki berada di dalam lingkaran tengah. Pemain lain tak boleh berada di dekat kedua pemain tersebut atau berada di dalam lingkaran.

Setelah wasit melempar bola basket ke atas, dua pemain yang betugas harus melompat setinggi mungkin agar bisa memberikan bola ke rekan setim. Sampai bola di-tap secara benar, maka kedua pemain tersebut baru boleh meninggalkan lingkaran tengah.



Kedua pebasket yang bertugas melakukan jump ball pun tak diperkenankan menangkapb bola atau melakukan tap lebih dari dua kali. Andai kata tak ada pemain yang berhasil menyentuh bola, maka jump ball akan diulang. Bagian tubuh kedua pemain pun tak boleh ada yang keluar dari lingkaran.

Selain dilakukan saat memulai permainan, jump ball terkadang juga dilakukan wasit saat kondisi tertentu. Sebut saja seperti terjadi held ball, lalu bola keluar lapangan dan wasit tak bisa menentukan bola dari tim mana yang melakukan out, kemudian terjadi double free-throw violation, dan ada juga ketika bola yang mengyangkut di ring basket.

Berlatih Jump Ball
Untuk dapat melakukan jump ball dengan baik, ada berbagai cara yang harus dilatih. Beberapa hal yang perlu dilatih itu seperti mengukur loncatan, latih otot betis agar bisa melompat lebih tinggi dan cepat, bermain lompat tali agar semakin terbiasa melompat, angkat beban, berlari, dan melatih tangan gerakan untuk melakukan tap terhadap basket.

Semua gerakan yang dapat membuat lompatan jauh lebih tinggi dan cepat harus diutamakan agar potensi mendapatkan bola bisa jauh lebih besar.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)