Piala Menpora 2021 Ajang Seleksi Bentuk Timnas di SEA Games

Minggu, 21 Maret 2021 - 14:01 WIB
loading...
Piala Menpora 2021 Ajang Seleksi Bentuk Timnas di SEA Games
Menpora Zainudin Amali memastikan bahwa Piala Menpora 2021 pada 21-25 April, merupakan salah satu prasyarat dalam membentuk tim sepak bola nasional khusunya untuk persiapan menghadapi Sea Games 2021 mendatang
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan bahwa Piala Menpora 2021 pada 21-25 April, merupakan salah satu prasyarat dalam membentuk tim sepak bola nasional khusunya untuk persiapan menghadapi SEA Games 2021 mendatang. Karena itu, kehadiran turnamen pramusim ini bisa dijadikan sebagai ajang seleksi sebelum Shin Tae-yong menunjuk pemain yang akan masuk ke dalam skuat tim nasional Indonesia.

"Turnamen Pra musim Piala Menpora yang akan kita adakan adalah prasyarat utama untuk bisa membentuk timnas. Saya meyakini Piala Menpora ini kompetitif karena semua klub merekrut pemain terbaik termasuk pemain tim nasional yang dipersiapkan di Sea Games dikembalikan lagi ke klub-klub masing-masing dan disitu akan dipantau oleh pelatih Shin Tae-yong pelatih Korea Selatan yang sudah kita kontrak itu," kata Menpora dikutip dari laman resmi Kemenpora.



Menpora mengatakan dirinya bersama PSSI menargetkan tim nasional meraih medali emas pada SEA Games 2021 nanti. Karena Indonesia sudah sekian lama belum mendapatkan medali emas di Sea Games.

"Siapa yang diandalkan adalah materi-materi yang tersebar dari berbagai klub. Mereka yang sekarang berlaga di Piala Menpora dan nanti kompetisi saya meyakini bahwa anak-anak kita yang sekarang sedang dipersiapkan, sedang digembleng kemampuannya karena mereka terhenti 1 tahun. Maka ini harus diupdate lagi kemampuan mereka," ungkap Menpora Amali.

Menpora optimis target itu akan tercapai tapi dengan catatan harus mampu membentuk skuat yang kuat dan salah satunya pemain dipantau saat kompetisi ini. "Optimisme saya itu berdasarkan pemantauan lapangan kemudian evaluasi dalam perjalanan saat mereka berada di Pelatnas dan kita akan lihat kualitas mereka pada turnamen pramusim dan kompetisi yang akan dating,” tukasnya.

Selain itu, Menpora menegaskan bahwa kompetisi Piala Menpora ini juga sebagai prankondisi untuk Liga I dan Liga 2 sepak bola yang sudah satu tahun terhenti akibat adanya wabah virus Covid-19. Menurutnya, kompetisi yang sempat terhenti itu harus dipanaskan lagi.

Ibarat mesin, kata Menpora , harus dipanaskan lagi. Pemain harus dikumpulkan kemudian mereka harus disolidkan karena selama setahun tentu tidak ada pertandingan, tidak ada kompetisi. Menpora memastikan semua pihak baik dari Kemenpora, PSSI, LIB dan seluruh stakeholder akan berusaha dan melakukan yang terbaik agar turnamen ini berjalan sesuai aturan terutama terkait penerapan protokol kesehtan yang dispilin dan ketat mengingat masih dalam situasi pandemi.

“Saya meyakini seluruh stakeholder soal bola baik klub, pelatih, pemain suporter sekarang ini mreka sangat memberikan dukungan yang luar biasa. saya orang yang percaya dan meyakini bahwa suporter kita bisa tertib, suporter kita bisa memberi dukungan mereka bisa nonton dari rumah saja,” pungkas Menpora Amali.

Saksikan Live Piala Menpora melalui K-Vision (www.k-vision.tv) dengan Format High Definition di saluran On Channel
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)