Jaga Imunitas, Karateka Pelatnas Divaksin Covid-19

Rabu, 24 Maret 2021 - 14:04 WIB
loading...
Jaga Imunitas, Karateka Pelatnas Divaksin Covid-19
Petugas sedang melakukan vaksinasi terhadap karateka pelatnas di Denpasar, Bali. (Foto: Dok/PB Forki)
A A A
DENPASAR - Tim Nasional (Timnas) Karate SEA Games dan Pra-Olimpiade 2021 yang tengah menjalani pelatnas di Denpasar, Bali, divaksin Covid-19 untuk kali kedua, Rabu (24/3/2021). Langkah itu sebagai upaya pencegahan atlet dari paparan virus corona.

Menurut Manajer Timnas Karate Indonesia Mayjen TNI Sapriadi, vaksinasi tersebut dilakukan agar para karateka pelatnas tidak terinfeksi virus corona yang masih menjadi momok menakutkan hingga saat ini. Sehingga, apabila tampil di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, atau Pra-Olimpiade di Paris, Prancis, mereka tidak akan terkendala masalah itu karena sudah memiliki kekebalan tubuh dari Covid-19.

Sapriadi mengungkapkan, pelaksanaan vaksin kedua tersebut difasilitasi oleh Kodam IX Udayana yang dilaksanakan oleh Vasiknator Kesehatan Kodam IX Udayana. Upaya ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang mengharuskan para atlet dan pelatih yang sedang menjalani pelatnas untuk diberikan vaksin Covid 19.

”Meski sudah menjalani vaksinasi kedua, sesuai arahan Panglima TNI yang juga Ketua Umum PB Forki, para atlet, pelatih, serta pendukung pelatnas karate tetap harus menjaga kesehatannya selama latihan. Bahkan, mereka tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M,” ujar Sapriadi.

Dia menjelaskan, saat ini Timnas Karate Indonesia sudah menjalani latihan selama 5 bulan di Denpasar. Mereka berlatih dengan tetap menjalani protokol kesehatan yang ketat.

“Sejauh ini para atlet dan pelatih sangat disiplin dalam mematuhi aturan prokes. Sampai saat ini semua atlet dan pelatih tetap sehat. Setiap bulan para atlet dan pelatih dilakukan tes PCR dan rapid antigen sebagai alat kontrol kesehatan Timnas,” kata Sapriadi.

Dengan telah terlaksananya vaksin kedua ini diharapkan seluruh atlet dan pelatih Timnas Karate memiliki kekebalan terhadap Covid-19, sehingga para atlet semakin bersemangat dan percaya diri saat berlatih. Terutama, mereka tidak ketakutan lagi akan terinfeksi virus corona tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Kodam IX Udayana, Lantamal Bali, dan Lanud Bali yang telah memfasilitasi seluruh kegiatan Timnas selama menjalan pelatnas di Bali. Semoga Timnas mampu menunjukkan prestasi sesuai target yang telah ditentukan,” tegas Sapriadi.
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)