Piala Menpora Terapkan Prokes Ketat, Wartawan Kena Dampaknya

Minggu, 28 Maret 2021 - 19:05 WIB
loading...
Piala Menpora Terapkan Prokes Ketat, Wartawan Kena Dampaknya
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan ke tribun dan bench tim peserta Piala Menpora 2021. Foto: Avirista Midaada / okezone
A A A
MALANG - Penerapan protokol kesehatan saat laga kedua penyisihan Grup B Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, masih cukup ketat. Setiap orang yang masuk ke dalam stadion harus menjalani tes swab antigen di luar. Ketika hasilnya negatif dan mendapat gelang swab antigen, maka baru dipersilakan masuk.



Tes swab ini juga diberlakukan kepada aparat keamanan, petugas panitia penyelenggara (Panpel), teknisi pertandingan, hingga media. Bahkan aparat keamanan yang mengamankan jalannya pertandingan di luar stadion pun turut dilakukan tes swab antigen, guna mencegah Covid-19.

Di dalam stadion apalagi. Ketatnya protokol kesehatan sampai membuat salah seorang jurnalis diusir dari tribun media saat laga Borneo FC melawan Persija Jakarta, Sabtu (27/3/2021). Jurnalis tersebut ketahuan melepaskan masker dan merokok saat pertandingan berlangsung.

Sejumlah jurnalis yang sempat makan juga tak lepas dari teguran OC Piala Menpora. Penggunaan masker menjadi salah satu hal yang wajib dipatuhi seluruh elemen yang ada di dalam stadion. Hal ini juga berlaku bagi pemain dan staf di bench.

Pemain Persija, Marco Motta yang sempat melepaskan maskernya usai digantikan Riko Simanjuntak pun tak lepas dari teguran panitia penyelenggara. Motta diminta untuk memakai masker yang telah diberikan official tim kepadanya.

Media Officer Grup B Piala Menpora Sudarmaji mengakui masker menjadi protokol wajib yang harus dipatuhi seluruh orang yang ada di dalam stadion. Karena itu, dia pun tak bisa berbuat banyak ketika ada jurnalis yang diusir dari tribun media karena ketahuan melepas masker akibat merokok.

"Secara aturan memang tidak ada (melepas masker untuk makan, minum, dan merokok), tapi poinnya adalah memakai masker itu wajib. Etikanya memang kalau makan, minum, dan merokok, saat pertandingan tidak diperkenankan di tribun, supaya tidak tersorot kamera. Silakan kalau mau makan, minum, dan merokok ke belakang tribun," jelas Sudarmaji.

Sterilisasi area Stadion Kanjuruhan, memang tampak ketat di matchday kedua Grup B Piala Menpora 2021. Sebelum laga pertama matchday kedua antara PSM Makassar vs Bhayangkara Solo FC penyemprotan disinfektan dilakukan di bench kedua kesebelasan, bench medis, hingga tempat duduk yang digunakan pemain cadangan yang terletak di tribun utama Stadion Kanjuruhan.

Tak ketinggalan beberapa kursi yang sempat dijadikan tempat duduk undangan di tribun VVIP dan VIP pun turut disemprot disinfektan. Semua ini terjadi karena Piala Menpora 2021 digelar berbeda sebagaimana biasanya.



Adanya pandemi Covid-19 membuat penyelenggaraan Piala Menpora empat grup di empat kota harus dengan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, melakukan swab antigen saat akan masuk stadion, menjaga jarak, hingga kewajiban mencuci tangan.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)