Duel Irene vs GothamChess Tanpa Pemenang, Begini Jalan Ceritanya

Kamis, 01 April 2021 - 18:30 WIB
loading...
Duel Irene vs GothamChess Tanpa Pemenang, Begini Jalan Ceritanya
Pertandingan catur antara WGM Irene Kharisma Sukandar kontra GothamChess alias Levy Rozman berakhir imbang dengan skor 2-2. Ini kronologisnya. Foto: instagram
A A A
JAKARTA - Pertandingan catur antara Woman Grand Master (WGM) Irene Kharisma Sukandar kontra GothamChess alias Levy Rozman berakhir imbang dengan skor 2-2. Duel seru itu digelar Rabu, (31/3/2021) malam WIB dan disiarkan melalui channel twitch keduanya.



Pada pertandingan itu, WGM Irene dan GothamChess memainkan fisher random chess atau yang biasa dikenal dengan Catur960. Adapun waktu yang digunakan untuk setiap ronde adalah tiga menit atau masuk ke dalam kategori blitz chess.

Permainan Catur960 merupakan varian pola catur acak. Disebut demikian karena dalam varian ini bidak catur tidak ditempatkan di posisi sebagaimana biasanya ketika permainan dimulai.

Pada ronde pertama, WGM Irene memegang bidak catur berwarna hitam. Pecatur putri andalan Indonesia iti sebenarnya berhasil mendapatkan kuda GothamChess. Akan tetapi, GothamChess juga memperoleh gajah WGM Irene.

Harus disayangkan karena WGM Irene pada akhirnya menelan kekalahan di ronde pertama ini. Sebab dia lebih dulu kehabisan waktu ketika mencoba meracik taktik untuk meladeni permainan GothamChess.

WGM Irene tidak memungkiri bukan hal yang mudah untuk bermain catur dengan waktu yang sangat singkat, tiga menit. Apalagi lawan yang dihadapi adalah GothamChess yang menyandang status sebagai International Master (IM).

Pada ronde kedua, WGM Irene memegang bidak catur berwarna putih. Melangkah lebih dulu membuatnya lebih leluasa mengatur permainan. Selain itu, WGM Irene juga dapat mengelola waktu yang dimilikinya dengan lebih baik.

Ronde kedua ini akhirnya dimenangkan oleh WGM Irene. Pasalnya, GothamChess kehabisan waktu di ronde kedua ini. Sedangkan WGM Irene masih memiliki waktu 30 detik.

Di ronde yang ketiga, GothamChess kembali memainkan bidak catur berwarna putih. Pada awalnya, WGM Irene sebenarnya bisa memiliki keunggulan waktu atas GothamChess. Hanya saja, kemudian GothamChess menekan menggunakan gajah dan menteri.



Kondisi tersebut membuat Irene banyak menghabiskan waktu untuk berpikir. WGM Irene pun kalah di ronde ketiga karena kehabisan waktu. Sedangkan pada ronde keempat, giliran GothamChess yang kehabisan waktu. Maka dari itu, pertandingan pun selesai dengan skor imbang 2-2.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)