Tercecer di Kualifikasi, Rossi Lagi-lagi Salahkan Ban Belakang

Minggu, 04 April 2021 - 08:31 WIB
loading...
Tercecer di Kualifikasi, Rossi Lagi-lagi Salahkan Ban Belakang
Valentino Rossi tak berdaya di sesi kualifikasi MotoGP Doha 2021/Foto/Twitter
A A A
LOSAIL - Valentino Rossi tak berdaya di sesi kualifikasi MotoGP Doha 2021 , Sabtu (3/4/2021). Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu mengakhiri sesi kualifikasi di posisi 21. Rossi menyebut lemahnya daya cengkeram ban belakang sebagai alasan keterpurukannya.

Rossi seperti kesulitan kesulitan sepanjang tiga sesi latihan bebas plus kualifikasi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, akhir pekan ini. Lomba MotoGP Doha 2021, yang digelar Minggu (04/4/2021) malam waktu lokal atau Senin (5/4/2021) pukul 00.00 WIB akan menjadi tantangan berat baginya.

.

Mimpi buruk sudah terlihat sejak Valentino Rossi hanya bisa mencatatkan waktu tercepat 1 menit 54,112 detik pada catatan waktu kombinasi. The Doctor terpaksa melalui babak pertama sesi kualifikasi di Losail.

.

Performanya kian menurun pada sesi latihan bebas empat (FP4). Padahal, sesi yang berlangsung selama 30 menit itu berguna untuk mencari setelan terbaik jelang kualifikasi. Ia hanya menempati posisi 21!

Ternyata, posisi pada FP4 itu berlanjut ke sesi kualifikasi. Valentino Rossi hanya mampu membukukan waktu satu putaran tercepat 1 menit 54,881 detik. Akibatnya, pembalap asal Italia itu bakal start dari posisi 21 dan hanya unggul dari Lorenzo Salvadori!

.

Masalah ban kembali menjadi penyebab Valentino Rossi tidak bisa memacu motor dengan nyaman. Parahnya lagi, juara dunia MotoGP tujuh kali itu juga harus berhadapan dengan masalah akselerasi motor YZR M-1 andalannya.

“Hari yang sulit karena saya tidak pernah merasa kuat. Kami berusaha meningkatkan perasaan dengan ban belakang, tetapi saya sangat menderita. Saya tidak mendapat daya cengkeram yang bagus saat berakselerasi. Alhasil, setelah beberapa putaran, laju saya tidak bagus,” urai Valentino Rossi, disitat dari Crash, Minggu (4/4/2021).

“Pada kualifikasi, saya tidak mendapat perasaan yang bagus untuk melaju cukup kencang dengan ban baru. Ketika memakai ban lunak, saya memberi tekanan terlalu berat pada ban belakang. Saya tidak bisa melajukan motor lebih kencang karena merasakan getaran,” lanjut pembalap kelahiran Tavullia itu.

“Sepertinya, ban menjadi lebih panas dan saya tidak cukup kencang. Namun, ban ini sama seperti yang dipakai pembalap lain. Saya harus memahami situasinya, mencoba hal lain (untuk balapan), dan kita lihat saja nanti,” tukas pembalap bernomor motor 46 itu.

Yang pasti, Valentino Rossi harus bekerja keras pada saat balapan. Ia tak perlu mematok target muluk-muluk mengingat posisi startnya hanya kedua dari terakhir.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)