Tingkatkan SDM, KONI Jambi Gelar Kursus Wasit Futsal

loading...
Tingkatkan SDM, KONI Jambi Gelar Kursus Wasit Futsal
Tingkatkan SDM, KONI Jambi Gelar Kursus Wasit Futsal. Foto: MNC Media
JAMBI - Untuk meningkatkan kualitas wasit futsal, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jambi menggelar Kursus Wasit Futsal Level 1 di Batanghari, Jambi pada 31 Maret 2021 hingga 4 April 2021.

Kursus ini mengacu Futsal Law of The Game atau Futsal LOTG 2020/2021 yang telah ditetapkan oleh Dewan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sejak Februari 2020 lalu.

Baca Juga: Persiba Female FC, Kekuatan Baru yang Langsung Mendulang Prestasi

Dengan instruktur Ahmad Suparman, kursus 38 jam itu diikuti oleh 17 wasit di wilayah Jambi, dan Kabupaten Batanghari pada khususnya. Adapun materi yang disampaikan adalah Laws of the Game, termasuk praktek memimpin dan tes kebugaran.

"Ini untuk pengembangan SDM. Dalam pencapaian prestasi baik cabang olahraga maupun wasit harus sama-sama SDMnya agar kegiatan olahraga di provinsi dan di daerah dapat bersinergi," katanya.



Kursus wasit futsal ini ternyata telah dinantikan para wasit karena mereka ingin lebih memahami LOTG Futsal 2020. Arya Pratama, salah satu peserta mengatakan kursus wasit itu memberi manfaat baik untuk dirinya sebagai guru olahraga, maupun sebagai insan olahraga untuk pengembangan olahraga futsal di Provinsi Jambi.

"Saya ingin menjadikan ilmu ini sebagai keahlian saya untuk mengawal pertandingan futsal yang baik dan sportif di Kabupaten Batanghari," katanya.

Baca Juga: Black Steel FC Manokwari: Raksasa Futsal Indonesia!

Hal serupa disampaikan peserta lainnya. Ahmad Subha bahkan berharap agar pelatihan itu dapat berkesinambungan sehingga akan membantu dia mewujudkan mimpinya.

"Semoga ke depan saya berkesempatan menjadi wasit nasional yang amanah, terutama untuk memajukan futsal di Batanghari," kata Ahmad.



Futsal Law of The Game yang saat ini kita kenal sebagai Futsal LOTG 2020/2021 telah ditetapkan oleh Dewan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

FIFA juga memutuskan pembaharuan baru ini mulai diberlakukan pada 1 Juni 2020 di seluruh kompetisi atau pertandingan persahabatan di dunia yang berada di bawah naungan FIFA sebagai induk organisasi sepakbola seluruh dunia.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top