Rebecca Welch Wasit Wanita Pertama di Pertandingan EFL

loading...
Rebecca Welch Wasit Wanita Pertama di Pertandingan EFL
Rebecca Welch Wasit Wanita Pertama di Pertandingan EFL. Foto: IST
LONDON - Rebecca Welch ditunjuk menjadi wasit English Football League (EFL). Dia mencatat sejarah sebagai wasit wanita pertama ketika memimpin laga Harrogate melawan Port Vale, Senin (5/4/2021).

Welch menjadi wasit perempuan pertama, meskipun sebelumnya Amy Fearn pernah juga memimpin pertandingan pada tahun 2010. Namun, pada saat itu Amy Fearn tampil sebagai wasit pengganti karena wasit sebelumnya cedera.

Baca Juga: Pesona Elif Karaarslan, Wasit Aduhai yang Bermimpi Pimpin El Clasico

Rebecca Welch mengaku bangga dengan pencapaian tersebut. Dia berharap suatu saat akan muncul wasit wanita lain yang memimpin pertandingan, bahkan di level Premier League.

"Jika bukan saya, saya yakin dalam 10 hingga 15 tahun ke depan kami akan melihat wasit wanita di Liga Premier," kata Rebecca Welch.



Proses terpilihnya Welch sebagai wasit perempuan di EFL tidak berlangsung mudah. Dia mendapat lampu hijau dari Mike Riley dan Mike Jones setelah tampil mengesankan selama penilaian.

“Saya mendapat kabar pada hari Sabtu dan masih belum bisa percaya. Saya sangat beruntung telah diberi kesempatan ini,” pungkasnya.

Wasit wanita berusia 37 tahun itu sebelumnya pernah dipercaya memimpin laga-laga penting. Di antaranya final Piala FA wanita pada tahun 2017 dan 2020.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top