Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar Pertama Diizinkan Berhijab Saat Tanding di Prancis

Minggu, 11 April 2021 - 22:05 WIB
loading...
Ibtihaj Muhammad, Atlet Anggar Pertama Diizinkan Berhijab Saat Tanding di Prancis
Ibtihaj Muhammad menjadi wanita muslim pertama berhijab di Team USA untuk melangsungkan pertandingan di Prancis, khususnya untuk cabor anggar. Foto: twitter
A A A
PARIS - Senat Prancis sempat mengusulkan larangan hijab ketika mengikuti turnamen olahraga berlevel nasional, pada Sabtu (2/4/2021). Sekarang tidak lagi karena sudah ada pemberian izin bagi atlet wanita tetap berhijab saat berkompetisi di cabor anggar.



Ibtihaj Muhammad menjadi wanita muslim pertama berhijab di Team USA untuk melangsungkan pertandingan di Prancis. Dia mengatakan pada postingan Instagram pribadi miliknya bahwa ini adalah perjalanan yang penuh rintangan baginya.

Dia juga menuturkan hal ini akan menjadikan keyakinannya bukanlah penghalang saat ada kesempatan bertanding. “Ini adalah perjalanan yang penuh dengan rintangan bagi saya, tetapi saya tidak pernah menolak kesempatan untuk menjadi atlet olahraga karena keyakinan saya,” tulisnya

Wanita berumur 35 tahun tersebut menyebutkan perihal agama yang dianutnya bukanlah ancaman bagi orang lain. Dia juga menuliskan rasa kecewa dalam postingan Instagram kalau perlakuan Prancis padanya hanyalah xenofobia.

“Kebebasan beragama adalah hak asasi manusia. Sungguh menyakitkan melihat seberapa jauh Prancis telah menyimpang dan seberapa normal xenofobia yang mematikan ini bertumbuh di negara tersebut,” tulis ibtihaj di akun @ibtihajmuhammad.

Ibtihaj membeberkan bawah Kejuaraan Dunia Anggar pertamanya berlangsung di Gedung Grand Palais, Paris, Prancis. Dia menyebutkan salah satu kenangan yang paling jelas tentang kompetisi itu adalah dukungan yang diterima dari semua Muslim Prancis di tribun.

“Hijab yang dikenakan berfungsi sebagai penanda iman yang berarti bagi perempuan muslim yang mendukungnya hari itu,” ucapnya lagi.



“Salah satu kenangan yang paling jelas tentang kompetisi itu adalah dukungan yang saya terima dari semua Muslim Prancis di tribun — hijab saya berfungsi sebagai penanda iman yang berarti bagi kami,” pungkas Ibtihaj.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)