Tips Merawat Meja Biliar dari Coach Andre

loading...
Tips Merawat Meja Biliar dari Coach Andre
Tips Merawat Meja Biliar dari Coach Andre. Foto: MNC Media
JAKARTA - Meja biliar dalam olahraga permainan bola sodok itu merupakan salah satu kebutuhan paling utama. Tanpa meja yang berada dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan tidak mungkin ada permainan biliar yang berkualitas, karena bola yang ditembakkan, bola yang disasar dan lubang yang dituju, semuanya berada di meja itu.

Ukuran standar dari meja biliar menurut ketentuan international adalah meja 9 feet dengan ukuran lebar 127 cm dan panjang 254 cm. Tetapi dalam perkembangannya ada beberapa variasi ukuran meja biliar, seperti 4ft, 7ft dan 8ft.

Baca Juga: Atlet Abege Club Juarai Turnamen Biliar di Riau

Meja biliar terbuat dari bahan kayu dan batu hitam sebagai alasnya. Permukaan berlapis kain atau biasa disebut laken menjadi salah satu bagian yang paling penting karena di permukaan inilah bola disodok dan permainan biliar berlangsung. Umumnya kain yang digunakan ada beberapa jenis yaitu berbahan campuran antara nillon dan wool. Kualitas bahan menentukan kepuasan pemakainya. Ada beberapa variasi harga meja biliar baru, antara 9 juta-an hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Perawatan meja biliar sangat penting karena tingkat kebersihan dan kondisi keseluruhan meja biliar juga akan mempengaruhi kualitas permainan.



Andreas Nataliano, atau coach Andre yang menjadi Head Coach Pengurus Provinsi POBSI Banten mengatakan permukaan meja berlapis kain adalah bagian yang gampang menyimpan kotoran, mulai dari sisa-sisa kapur, debu dan kotoran lain.
“Menumpuknya berbagai kotoran ini dapat mempengaruhi laju bola dan ketepatan sasarannya .”

Berikut ini adalah tips merawat meja biliar dari pria kelahiran Surabaya 45 Tahun lalu ini, yang menjadi Ketum POBSI Kabupaten Tangerang dan Ketua Binpres POBSI Banten.

1. Membersihkan permukaan meja
Gunakan cairan pembersih kaca dan lap lembut yang menyerap kelembaban (bahan lap yang direferensikan adalah handuk korea). Lap sampai kering sehingga tidak meninggalkan bercak.
Lapisan kain atau laken dibersihkan dengan sikat halus setiap kali meja selesai digunakan (sikat halus dapat dibeli di toko asesoris biliar).
2. Membersihkan lubang pocket
Gunakan cairan pembersih kaca dan lap lembut yang menyerap kelembaban.
3. Membersihkan rel bola
Gunakan laplembut atau handuk korea.
4. Membersihkan kaki-kaki meja
Gunakan lap atau handuk korea. Lakukan minimal seminggu sekali.
5. Gunakan penyerap debu atau vacuum cleaner secara rutin untuk semua bagian meja minimal seminggu sekali.

Selain membersihkan meja, Anda harus juga membiasakan untuk menjaga kebersihan Bola. Bersihkan bola menggunakan cairan khusus untuk bola yang ada di pasaran setiap kali usai bermain karena bola yang bersih membuat bola tetap awet dan ikut menjamin daya tahan kain atau laken meja biliar.

Demikian tips menjaga kebersihan meja biliar dari Coach Andre agar meja tetap awet dan tahan lama. Terima kasih.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top