9 Petinju Muslim Juara Dunia Yang Menggegerkan Jagat Tinju

loading...
9 Petinju Muslim Juara Dunia Yang Menggegerkan Jagat Tinju
9 Petinju Muslim Juara Dunia Yang Menggegerkan Jagat Tinju
9 petinju muslim juara dunia di Kelas Berat hingga Kelas Welter di tengah persaingan keras di jagat tinju. Dari Muhammad Ali, Mike Tyson hingga Felix Sturm pernah menggegerkan jagat tinju. Siapa saja 9 petinju muslim juara dunia?

Muhammad Ali

Nama Muhammad Ali yang sangat mahsyur di jagat tinju menjadi panutan banyak petinju muslim. Terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr. pada 1961, The Greates –julukan Muhammad Ali—memutuskan mualaf.

Pada 6 Maret 1964, dia memutuskan mengganti namanya menjadi Muhammad Ali. Legenda tinju kelahiran Louisville, Kentucky, Amerika Serikat itu tercatat pernah meraih medali emas Kelas Berat Ringan di Olimpiade 1960.

Ali menjadi juara dunia Kelas Berat dalam usia 22 tahun dengan mengalahkan Sonny Liston pada 25 Februari 1964. Ali mengakhiri karir emasnya dengan rekor 56-5 (37 KO).



Mike Tyson

Mike Tyson dikenal sebagai juara Kelas Berat termuda sepanjang masa dalam usia 20 tahun 4 bulan dan 22 hari. Petinju yang dijuluki Iron Mike itu mengalahkan Trevor Berbick untuk menjadi juara dunia Kelas Berat WBC pada 22 November 1986.

Tyson menjadi petinju pertama yang menguasai sabuk juara Kelas Berat WBA, WBC, IBF setelah menaklukkan Tony Tucker pada 1 Agustus 1987. Dia enam kali mempertahankan tiga sabuk bergengsi tersebut sebelum secara mengejutkan dirobohkan James Douglas di Tokyo, Jepang, pada 11 Februari 1990.

Baca Juga: Dua Bintang Tinju Kelas Berat di Masa Depan

Mike Tyson mengumumkan menjadi mualaf ssetelah keluar dari penjara karena kasus pemerkosaan pada 1992. Namun, Tyson menegaskan sudah memeluk Islam sebelum masuk penjara. Tyson beberapa kali menjalankan umrah untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.



Bernard Hopkins

Bernard Hopkins merupakan petinju legendaris yang pernah menjadi juara dunia di tiga kelas Menengah, Menengah super, dan Berat Ringan. Seperti Mike Tyson, Hopkins menjadi mualaf selepas dari penjara. Dia mempelajari Islam selama menjalani hukuman saat masih remaja.

Hopkins menjadi juara dunia Kelas Menengah setelah dalam duel ulang mengalahkan Segundo Mercado untuk memperebutkan sabuk IBF yang lowong. Hopkins yang enggan mengganti namanya setelah masuk Islam, menambah sabuk juara Kelas Menengah super dengan mengalahkan Felix Trinidad untuk menjadi jawara Kelas Menengah IBF, WBC dan Menengah super WBA.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top