Perlawanan UEFA Terkait Rencana Klub Elit Eropa buat Kompetisi Baru

Senin, 19 April 2021 - 00:25 WIB
loading...
Perlawanan UEFA Terkait Rencana Klub Elit Eropa buat Kompetisi Baru
UEFA FA dan Liga Primer Inggris, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan LaLiga, serta Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Lega Serie A membuat pernyataan resmi dalam menanggapi rencana klub menciptakan Liga Super Eropa sebagai upaya untuk memis
A A A
NYON - Asosiasi Sepak Bola Eropa ( UEFA ), FA dan Liga Primer Inggris, Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan LaLiga, serta Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan Lega Serie A membuat pernyataan resmi dalam menanggapi rencana klub menciptakan Liga Super Eropa sebagai upaya untuk memisahkan diri dari UEFA.

Dalam pernyataan resmi yang dirilis UEFA melalui laman resminya, Minggu (18/4/2021), menyebut UEFA, FA, Liga Primer Inggris, RFEF, LaLiga, FIGC dan Lega Serie A serta FIFA dan semua asosiasi sepak bola akan tetap bersatu dalam upaya untuk menghentikan rencana Liga Super Eropa.

BACA JUGA: Greenwood Samai Rekor Rooney, Man United Tekuk Burnley

"Kami akan mempertimbangkan semua tindakan yang tersedia bagi kami, di semua tingkatan, baik peradilan dan olahraga untuk mencegah hal ini terjadi. Sepak bola didasarkan pada kompetisi terbuka dan prestasi olahraga; tidak bisa dengan cara lain. Seperti yang diumumkan sebelumnya oleh FIFA dan enam Federasi, klub-klub terkait akan dilarang bermain di kompetisi lain di tingkat domestik, Eropa atau dunia, dan para pemain mereka dapat ditolak kesempatannya untuk mewakili tim nasional mereka," demikian pernyataan resmi UEFA.

Sekadar informasi, proyek Liga Super Eropa muncul terkait kegelisahan klub-klub elit di Eropa. Menurut laporan Nytimes, telah mendaftar sebagai anggota pendiri atau menyatakan minat untuk bergabung dengan grup yang memisahkan diri, termasuk enam dari Liga Premier Inggris, tiga dari divisi teratas Spanyol dan tiga dari Italia.

BACA JUGA: Persija ke Final Piala Menpora Usai Singkirkan PSM Lewat Drama Adu Penalti

Keenam klub dari Liga Primer Inggris, yakni Manchester United, Liverpool, Manchester City, Arsenal, Chelsea dan Tottenham. Di Spanyol, Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid adalah tim lain dari Spanyol yang dikatakan telah mendukung proyek tersebut.

Sedangkan di Serie A ada Inter Milan, AC Milan serta Juventus. Klub-klub elit Eropa itu telah mencoba untuk membujuk tim lain bergabung atau setidaknya menyetujui proyek Liga Super Eropa tersebut, seperti dengan mengajak Bayern Muenchen, Borussia Dortmund, serta Paris Saint Germain (PSG).

Tetapi hingga saat ini ketiga klub itu telah menolak untuk meninggalkan struktur domestik dan kompetisi Kontinental yang telah mendukung sepak bola Eropa selama beberapa generasi. "Kami berterima kasih kepada klub-klub di negara lain, terutama klub Prancis dan Jerman, yang telah menolak untuk mendaftar. Kami menyerukan kepada semua pecinta sepak bola, pendukung dan politisi, untuk bergabung dengan kami dalam memerangi proyek semacam itu jika akan diumumkan. Kepentingan pribadi beberapa orang ini telah berlangsung terlalu lama. Sudah cukup," pungkas pernyataan UEFA.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)