Sukses Comeback di MotoGP 2021, Marquez Dianggap Layak Jadi Juara Dunia

loading...
Sukses Comeback di MotoGP 2021, Marquez Dianggap Layak Jadi Juara Dunia
Marc Marquez sukses melakukan comeback di MotoGP 2021 pada GP Portugal. Ini membuat pentolan Repsol Honda itu dianggap layak menjadi juara dunia. Foto: twitter
PORTIMAO - Marc Marquez sukses melakukan comeback di MotoGP 2021 pada GP Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao. Setelah absen selama sembilan bulan, pentolan Repsol Honda itu merasa seperti rookie yang baru belajar balapan lagi.

Baca Juga: Jerez Trek Favorit, Fabio Quartararo Juara Lagi di MotoGP Spanyol 2021?

Pembalap berjuluk Baby Alien itu harus menjalani pemulihan sangat lama setelah tulang lengan kanannya patah akibat kecelakaan di Sirkuit Jerez, 19 Juli 2020. Marquez harus rela absen sepanjang musim lalu.

Pada balapan pertamanya setelah pulih, pembalap asal Spanyol itu sukses melahap 25 lap tanpa mengalami masalah berarti. Marquez merasa puas dapat menyelesaikan balapan dan finis di urutan ketujuh.

Kepuasan Marquez tak sampai di sana. Dia terkejut dengan catatan waktu yang ditorehkan. Sebab, dia hanya terpaut 13 detik dari peraih podium pertama, Fabio Quartararo yang mewakil Monster Energy Yamaha.



Data ini mengejutkan banyak pihak, tidak terkecuali legenda MotoGP era 90an, Alex Criville Tapias. Menurutnya, pencapaian Marquez ini bisa dianggap keajaiban. Soalnya, dia masih merasa kesakitan sepanjang balapan.

Criville memuji semangat juang Marquez di GP Portugal. "Jelas, saya pikir saya bahkan tidak akan bisa menyelesaikan balapan setelah melihat dalam latihan bahwa dengan hanya enam lap saya sudah sangat lelah," ucap Criville, dikutip Motosan.es

"Perlu dicatat bahwa dia telah 254 hari tanpa masuk ke MotoGP dan balapan dengan rasa sakit. Kita telah melihat di semua sesi latihan bagaimana dia mengendurkan lengan kanannya karena secara fisik dia belum berada di puncak. Dia masih harus menyesuaikan otot dan lengannya, " lanjutnya.

Criville pun menilai mental juara pada diri Marquez yang mengantarkannya sukses menyelesaikan balapan. Bahkan, dia percaya rider berusia 28 tahun bisa segera bersaing untuk merebut gelar juara dunia yang musim lalu diambil Joan Mir.

“Dia berjuang untuk posisi ketujuh dan hanya finis 13 detik di belakang pemenang dalam balapan yang sangat cepat. Mulai sekarang, Marc Marquez akan naik menjadi Marc Marquez yang kita semua kenal dan akan berjuang untuk gelar dunia," tandas juara dunia MotoGP 1999 asal Spanyol ini.



Baca Juga: Energi Baru Franco Morbidelli Jelang MotoGP Spanyol 2021

Marquez langsung meraup sembilan poin pada aksi pertamanya di MotoGP 2021. Dia menempati urutan 14 klasemen sementara, atau empat tingkat di atas Valentino Rossi yang sudah balapan dari seri pertama.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top