7 Cedera Terparah Petarung UFC: Patah Kaki sampai Bibir Terbelah!

Senin, 26 April 2021 - 17:45 WIB
loading...
7 Cedera Terparah Petarung UFC: Patah Kaki sampai Bibir Terbelah!
Cedera Terparah Petarung UFC: Patah Kaki sampai Bibir Terbelah/The Sun
A A A
7 Cedera terparah petarung UFC, mulai dari patah kaki, bibir terbelah, hingga kuping hampir copot merupakan konsekuensi pertarungan brutal di octagon. Dari patah kaki yang dialami Chris Weidman sampai bibir sobek Alistair Overeem.

UFC merupakan olahraga MMA yang sangat keras sehingga sering terjadi cedera horor para petarung. Cedera luka robek, patah tulang, dan gegar otak menjadi hal yang biasa dialami petarung UFC di octagon.

Corey Hill vs Dale Hartt UFC Fight Night 16

Postur tinggi besar 193 cm membuat Corey Hill adalah raksasa di divisi Kelas Ringan saat melawan Dale Hartt yang jauh lebih kecil di UFC Fight Night 16 pada tahun 2008. Babak pertama berakhir normal. Di ronde kedua, Hill mencoba melakukan tendangan kaki ke Hartt, anehnya, malah mematahkan tibia dan fibula miliknya sendiri.



Kakinya menekuk dalam sudut yang mustahil saat dia jatuh ke tanah karena kesakitan. Pertarungan dihentikan saat wasit menyadari parahnya cedera Hill. Dalam sebuah wawancara dengan MMA Junkie, Hill berbicara tentang saat dia terbangun di rumah sakit.

ā€™ā€™Berjam-jam tertidur dan bangun, Anda tahu itu tidak benar-benar terjadi. Ini pasti semacam mimpi. Sungguh, ini tidak terjadi pada orang-orang. Tidak ada yang memberi tahu saya bahwa ini adalah kemungkinan ketika saya mulai. Tidak ada yang memberitahuku bahwa hal seperti ini terjadi,ā€™ā€™ungkapnya.

Hill membutuhkan satu setengah tahun untuk pulih sepenuhnya sebelum kembali ke oktagon pada 23 Januari 2010. ā€™ā€™Kamu pingsan, atau kamu memar, atau kamu kehilangan beberapa gigi, aku bisa mengatasinya,ā€™ā€™lanjutnya.

Jon Jones vs. Chael Sonnen di UFC 159

Pada usia 25 tahun, Jon Jones adalah binatang buas ketika dia melawan Chael Sonnen yang berusia 36 tahun. Di UFC 129 pada April 2013, Jones meraih kemenangan TKO melawan Sonnen di babak pertama untuk merebut gelar Kelas Berat Ringan, tetapi dalam prosesnya jempol kakinya terkilir.

Jones mampu melawan cedera dan menyelesaikan duel - dan bahkan mampul mengucapkan beberapa patah kata kepada Joe Rogan dalam wawancara pasca-pertarungannya saat jari kakinya sedang dirawat.

"Anda adalah juara sejati bahkan untuk mencoba membuat ini berhasil, sementara Anda mengalami salah satu cedera kaki paling parah yang pernah saya lihat," kata Rogan kepada Jones setelah pertarungan.

Anderson Silva vs Chris Weidman di UFC 168

Anderson Silva, salah satu petarung terbaik yang pernah masuk ke dalam oktagon, masih dalam masa prima ketika dia menantang Chris Weidman untuk memperebutkan gelar UFC Kelas Menengah pada Desember 2013.



Enam bulan sebelum pertandingan ulang mereka, Weidman telah mengalahkan Silva untuk merebut gelar juara kelas menengah UFC.Dalam pertandingan ulang itu, Silva melakukan salah satu tendangan khasnya yang diblok oleh Weidman - sedemikian rupa sehingga mematahkan tulang kering Silva.

Pemandangan kaki Silva yang tertekuk ke samping membuat ngeri penonton dan pemirsa TV. Pertarungan pun langsung dihentikan dan cedera tersebut menyebabkan Silva absen satu setengah tahun dari laga laga tersebut.

Leslie Smith vs Jessica Eye di UFC 180

Pada November 2014, Leslie Smith melawan Jessica Eye dalam pertarungan divisi bantam di Mexico City. Duel ini berlangsung kompetitif hingga ronde kedua. Eye mendaratkan hook kanan yang mengerikan di telinga kiri Smith, menyebabkannya sobek dengan darah mengalir ke lantai segi delapan.

Bayangan telinga Smith yang terbuka terasa ngeri. Alhasil, wasit Herb Dean mengakhiri laga. Smith akan menjauh dari oktagon selama lebih dari setahun setelah cedera, kembali pada Maret 2016.

Joanna Jedrzejczyk vs Zhang Weili di UFC 248

Pada Maret 2020, Joanna Jedrzejczyk menderita salah satu pembengkakan kepala paling mengerikan yang pernah dilihat olahraga tersebut. Menghadapi Zhang Weili, pertarungan di UFC 248 berlangsung jauh dengan kedua petarung menimbulkan kerusakan yang luar biasa satu sama lain.

Di ronde keempat, dahi Jedrzejczyk membengkak karena cedera hematoma menyusul rentetan pukulan.Setelah cedera, Jedrzejczyk kembali ke Polandia untuk menjalani operasi plastik dan sejak itu pulih sepenuhnya.

Alistair Overeem vs Jairzinho Rozenstruik di UFC di ESPN

Momen tak terlupakan dalam pertarungan kelas berat antara Alistair Overeem dan Jairzinho Rozenstruik terjadi di UFC di ESPN pada Desember 2019.



Dengan hanya beberapa detik tersisa di babak final, Rozenstruik menghantam Overeem dengan tangan kanan ganas yang membelah bibir atas Overeem, menghasilkan kemenangan TKO. Cedera brutal akan membutuhkan operasi plastik, tetapi Overeem kembali ke oktagon pada Mei 2020 dan meraih kemenangan TKO atas Walt Harris.

Chris Weidman vs Uriah Hall di UFC 261

Tujuh tahun setelah Silva patah kaki saat melawan Weidman, mantan juara kelas menengah itu menderita cedera yang hampir sama. Tulang kering Weidman patah menjadi dua setelah pemeriksaan kaki yang sempurna dari Hall.

Cederanya makin memburuk ketika mantan juara UFC itu mencoba bertumpu pada kakinya yang patah - tampaknya tidak menyadari kerusakan yang terjadi. Kaki pria berusia 36 tahun itu tiba-tiba lunglai dan dia jatuh ke kanvas sambil berteriak kesakitan. Dia pun diangkut ke rumah sakit untuk operasi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2604 seconds (0.1#10.140)