Final Liga Champions Pertama Guardiola Tanpa Lionel Messi

loading...
Final Liga Champions Pertama Guardiola Tanpa Lionel Messi
Pep Guardiola akhirnya kembali mencicipi final Liga Champions setelah penantian panjang selama 10 tahun. Kepastian itu didapat setelah Manchester City sukses mengusir PSG di Stadion Etihad, Rabu (5/5/2021) / Foto: Kolase
MANCHESTER - Pep Guardiola akhirnya kembali mencicipi final Liga Champions setelah berhasil mengantarkan Manchester City ke laga pemungkas kompetisi antarklub Eropa usai menyingkirkan Paris Saint Germain (PSG) dengan agregat 4-1, Rabu (5/5/2021) WIB. Ini merupakan kali pertama pelatih berkepala plontos itu membawa klub besutannya ke partai puncak tanpa Lionel Messi di skuat.

Penantian 10 tahun Guardiola akhirnya terbayar lunas setelah Man City memenangkan dua laga semifinal melawan PSG. Pada leg pertama, The Citizens menang dengan skor 2-1.

Pada laga leg kedua yang berlangsung di Stadion Etihad, dini hari WIB, Man City menang dengan skor 2-0. Kedua gol kemenangan tuan rumah diborong Riyad Mahrez.

BACA JUGA: Singkirkan PSG, Man City Rasakan Final Liga Champions Perdana

Guardiola tak henti-hentinya mengumbar senyuman pasca peluit panjang dibunyikan. Maklum saja, pelatih asal Spanyol itu setidaknya sukses mengakhiri kutukan ke final Liga Champions.



Sekadar informasi, sejak membawa Barcelona dua kali juara Liga Champions pada musim 2008/2009, 2010/2011, Guardiola tidak pernah berhasil mengantarkan tim besutannya lolos ke laga pemungkas di kompetisi tersebut.

Selama empat musim beruntun mulai 2012-2015, tim besutan Guardiola selalu terhenti langkahnya di empat besar. Sementara bersama Man City, pencapaian terbaiknya adalah lolos ke perempat final.

BACA JUGA: Manchester City Lolos ke Final Liga Champions, Mahrez: Alhamdulillah

Tetapi semuanya berubah di musim ini. Guardiola bisa tersenyum lebar. Pasalnya, tiket final Liga Champions merupakan sejarah baru buat Man City mengingat ini kali pertama mereka melaju ke partai puncak.

"Kata pertama saya adalah untuk para pemain yang tidak bermain hari ini. Saya sangat menyesal karena mereka fantastis sepanjang musim dan saya tahu betapa sulitnya untuk tidak bermain. Kata kedua adalah untuk pemilik dan ketua kami di Abu Dhabi dan semua orang di departemen lain," ungkap Guardiola dikutip dari akun Twitter klub.



Man City telah memenangkan tujuh pertandingan Liga Champions terakhir mereka, kemenangan terlama yang pernah dilakukan oleh tim Inggris dalam sejarah Piala Eropa / Liga Champions. Klub berjuluk The Citizens juga tercatat sebagai tim Inggris pertama yang memenangkan 11 pertandingan dalam satu musim di Piala Eropa / Liga Champions.

"Kami memenangkan 11 pertandingan dalam kompetisi ini, hanya imbang dengan Porto. Kami membuat Liga Champions yang luar biasa dan kami memiliki tiga minggu untuk mempersiapkan final," pungkas Guardiola.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top