Robert Keluarkan Peringatan, Tidak Ada Pemain Senior Persib yang Aman

loading...
Robert Keluarkan Peringatan, Tidak Ada Pemain Senior Persib yang Aman
Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengeluarkan peringatan kepada pasukannya. Dia menegaskan tidak ada istilah senior-junior dalam skuadnya. Foto: persib.co.id
BANDUNG - Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts mengeluarkan peringatan kepada pasukannya. Dia menegaskan tidak ada istilah senior-junior. Siapapun bisa dipercaya menjadi pemain utama ketika bertanding di Liga 1 .

Baca Juga: Jelang Liga 1 2021, Persib Bandung Pantau Dua Pemain Asing

Menurutnya junior atau senior hanya perkara usia. Namun, bukan itu yang jadi penentu baginya ketika menentukan komposisi tim inti. Yang terpenting adalah kemampuan dan kesiapan ketika akan merumput.

Hal itu menegaskan bahwa di era Robert tak ada pemain senior yang posisinya aman di skuat utama. Nama besar pun tak jadi jaminan. Jika dirasa tak layak, ia tak ragu menyimpan pemain senior di bang cadangan.



Menurut pria asal Belanda itu, dalam skuad Persib tak ada pemain berstatus sebagai tim inti permanen. Semua punya kans untuk dimainkan dan dicadangkan. "Baik pemain muda dan senior, tidak peduli siapa, semua statusnya sama," kata Robert.

Apalagi, pemain muda Persib juga punya kemampuan istimewa dalam pandangannya. Sehingga, dia punya kedalaman skuat yang bagus karena kemampuan pemain muda dan senior tak begitu jomplang.

Pemain muda dan senior juga punya kelemahan dan kelebihan. Hal itu akan memudahkannya untuk menentukan komposisi utama yang pas sesuai strategi ketika Persib bertanding. "Itu harmonisasi yang bagus di tim dan bagian dari budaya Bandung, budaya di Persib," jelas Robert.

Robert mengklaim iklim kompetitif dan obyektif yang dibangunnya di Persib membuat situasi tim menjadi kondusif. Di satu sisi, pemain senior dipacu untuk tampil apik karena posisinya bisa kapan saja tergusur pemain muda.

Di sisi lain, pemain muda juga diberi keleluasaan unjuk gigi baik saat latihan maupun laga. Sehingga, iklim kompetitif senior-junior dinilai bagus untuk membuat tim jadi lebih kuat. "Itu yang membuat para pemain muda yang bergabung ke dalam tim merasa nyaman," tutur Robert.

Baca Juga: Sambut Liga 1, Penggawa Persib Rajin Latihan Mandiri



Meski banyak talenta muda, Robert tidak khawatir jika ada regulasi soal pemain yang akan diberlakukan di Liga 1 2021. Sebab, pemain muda yang ada di skuat Persib mayoritas sudah siap tempur dan layak bermain di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top