Kalahkan Chelsea, Leicester Angkat Piala FA Pertama

Minggu, 16 Mei 2021 - 01:05 WIB
loading...
Kalahkan Chelsea, Leicester Angkat Piala FA Pertama
Leicester City menambah koleksi trofi usai memenangi Piala FA 2020/2021/Foto/Daily Mail
A A A
LONDON - Leicester City menambah koleksi trofi usai memenangi Piala FA 2020/2021. The Foxes -julukan Leicester- sukses mengalahkan Chelsea 1-0 pada final di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2021) waktu lokal atau Minggu (16/5/2021) dini hari WIB.

Youri Tielemans menjadi pahlawan kemenangan Leicester pada menti ke-63. Bermula Perez memotong umpan ke depan dari Christensen dan Tielemans memanfaatkannya lewat tembakan jarak jauh ke sudut atas gawang meninggalkan Kepa tanpa mampu menghalau.



Chelsea sempat menyamakan kedudukan menit ke-89 melalui Wes Morgan. Thiago Silva memanfaatkan umpan Ben Chilwell, yang mendaratkan bola dengan sempurna di kakinya. Bek sayap meneruskan bola melewati Schmeichel dan Wes Morgan menyapu dan bola masuk ke gawang sendiri.

Tapi gol dibatalkan VAR. Tayangan ulang menunjukkan bahwa Ben Chilwell sedikit offside ketika bola dimainkan Silva, dan wasit memberi sinyal bahwa gol tersebut tidak dihitung.



Ini menjadi trofi Piala FA pertama untuk The Foxes. Sebelum ini, mereka sudha empat kali ke final namun selalu menjadi runner-up yakni musim, 1948/49, 1960/61, 1962/63, 1968/69. Sebelum ini, mereka juga satu-satunya klub di antara 24 juara Liga Pirmer yang belum pernah memenangkan Piala FA.

Dengan kemenangan ini, Leicester mencatat rekor baru klub dengan dengan enam kemenangan di laga Piala FA berturut-turut. Raihan terbaik mereka sebelumnya lima laga beruntun dari Januari hingga April 1963.

Leicester tampil di final kompetisi piala besar untuk pertama kalinya sejak 2000, ketika mereka mengalahkan Tranmere 2-1 di Wembley pada final Piala Liga.

Dengan sukses ini, Pelatih Leicester Brendan Rodgers telah memenangkan semua tujuh finalnya sebagai manajer. Sebelumnya, dia menang pada play-off Championship melawan Swansea City pada 2010-11, dan tiga Piala Liga dan dua Piala Skotlandia dengan Celtic.

Jalannya pertandingan babak pertama, Chelsea langsung mengambil inisiatif serangan. Skuad asuhan Thomas Tuchel itu tampil penuh menekan untuk mencuri gol di awal pertandingan. Namun begitu, usaha mereka belum membuahkan hasil.

Hingga menit 15, Chelsea tampil mendominasi. Meski begitu, Leicester sesekali juga melakukan serangan yang sempat membuat pertahanan Chelsea sedikit kerepotan. Akan tetapi, tak ada peluang berarti yang didapat Leicester.

Pada menit 23, Chelsea mendapat peluang lewat tembakan Mason Mount ke arah gawang Leicester. Sayangnya sepakannya gagal membuahkan hasil, karena kiper Leicester, Kasper Schmeichel begitu sigap untuk menepis bola ke arah samping.

Chelsea kembali mendapat peluang pada menit 28 setelah situasi tendangan sudut membuat pertahanan Leicester sedikit terbuka. Sayangnya usaha Timo Werner dan Cesar Azpilicueta untuk melakukan sundulan gagal membuahkan hasil. Skor masih 0-0.

Jelang laga berakhir, baik Chelsea dan Leicester berusaha untuk mendapatkan gol. Termasuk, usaha Werner yang beberapa kali melakukan tembakan ke gawang Leicester. Sayangnya, hasilnya masih nihil.

Akhirnya hingga laga babak pertama usai skor tak berubah. Kedudukan tetap imbang 0-0 hingga turun minum.

Susunan pemain

Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta (c), Thiago Silva, Antonio Rudiger; Reece James, N'Golo Kante, Jorginho, Marcos Alonso; Hakim Ziyech, Timo Werner, Mason Mount.
Cadangan: Kai Havertz, Edouard Mendy, Olivier Giroud, Emerson, Christian Pulisic, Billy Gilmour, Callum Hudson-Odoi, Kurt Zouma, Ben Chilwell.
Pelatih: Thomas Tuchel

Leicester City (3-4-1-2): Kasper Schmeichel (c); Wesley Fofana, Jonny Evans, Caglar Soyuncu; Timothy Castagne, Youri Tielemans, Wilfred Ndidi, Luke Thomas; Ayoze Perez; Kelechi Iheanacho, Jamie Vardy.
Cadangan: James Maddison, Danny Ward, Dennis Praet, Hamza Choudhury, Marc Albrighton, Daniel Amartey, Nampalys Mendy, Wes Morgan, Ricardo Pereira.
Pelatih: Brendan Rodgers
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)