Coach Eko Prabowo, Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC Bicara Pentingnya Recovery Atlet Futsal

Sabtu, 29 Mei 2021 - 18:52 WIB
loading...
Coach Eko Prabowo, Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC Bicara Pentingnya Recovery Atlet Futsal
Recovery Atlet Futsal sangat penting, begini kata Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC. Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Salah satu hal yang penting dilakukan oleh atlet futsal sebelum pertandingan adalah recovery atau pemulihan kondisi tubuh. Tidak hanya atlet futsal, pelatihnya pun demikian.

Eko Prabowo, Pelatih Fisik Tim Futsal Cosmo FC mengatakan, atlet dan pelatih harus memahami seluk beluk recovery agar mendapatkan hasil atau prestasi terbaik. Pemulihan harus menjadi bagian dari program latihan.



“Saat menjalankan program latihan yang berat selama fase persiapan ataupun saat fase pertandingan, recovery dibutuhkan karena berhubungan erat dengan kembalinya kondisi tubuh ke keadaan sebelum pertandingan. Setiap atlet futsal harus melakukan recovery dengan baik agar memperoleh penampilan yang maksimal dan optimal” ujar coach Eko yang juga dosen di UNJ.

Recovery dapat menggambarkan kondisi kebugaran jasmani, berkaitan dengan fungsi jantung, paru-paru, pembuluh darah dan metabolisme di otot.



Ketika para atlet futsal berlatih dan bertanding, mereka terdampak secara fisiologis maupun psikologis. Oleh karena itu atlet dituntut untuk menyeimbangkan latihan dengan gaya hidup sehat serta istirahat.

Ada dua metode recovery, pasif dan aktif. Recovery pasif dilakukan dengan berdiam diri, tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Istirahat total. Duduk, terlentang atau tiduran. Sedangkan recovery aktif, atlet tidak berdiam diri tetapi tetap beraktivitas dengan intensitas sangat ringan (20% DNM) sampai ringan (50% DNM) seperti jogging dan berjalan.

Panduan recovery untuk atlet futsal:

• Sebelum pertandingan
Satu hari sampai dua hari menjelang pertandingan, rileksasi syaraf otot dan psikologis merupakan perhatian utama. Gunakan teknik psychotonic training, balneo-hydrotherapy, massage, istirahat aktif dan pasif (tidur 10 jam). Tidak kurang dari 4 jam untuk makanan yang mengandung lemak dan protein hewani; tidak kurang dari 3 jam untuk protein ikan; tidak kurang dari 1-2 jam untuk karbohidrat. Diet buah-buahan, cairan, dan sayur-sayuran yang kaya mineral, alkalin dan vitamin. Konsumsi jenis makanan seperti roti dan sayuran yang terlalu banyak akan menimbulkan terjadinya gas yang berlebihan. Atlet tidak diperkenankan minum minuman yang mengandung alkohol dan soda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2101 seconds (0.1#10.140)