FPTI: Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin adalah Super Sub di Pelatnas

Sabtu, 29 Mei 2021 - 22:15 WIB
loading...
FPTI: Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin adalah Super Sub di Pelatnas
FPTI sebut Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin adalah Super Sub di Pelatnas. Foto: Repro
A A A
JAKARTA - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) memuji dua putra terbaik binaannya meraih medali emas dan memecahkan rekor pada Piala Dunia Panjat Tebing 2021 atau IFSC Worldcup di Salt Lake City, Amerika Serikat, 20 – 30 Mei 2021.

Asisten Manajer Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Asep Rahmat mengatakan dua wakil Indonesia yakni Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin tampil luar biasa di laga final. Dia sukses memecahkan rekor dunia untuk kategori nomor speed 15 meter. Padahal, dua atlet tersebut merupakan ‘Super Sub’ dari atlet andalan tim nasional dalam Pelatnas panjat tebing Indonesia.

“Dua atlet ini adalah ‘Super Sub’ dari atlet andalan Tim Nasional Pelatnas panjat tebing Indonesia,” kata Asep dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/5).



Menurut dia, kegiatan pelatihan di Pelatnas untuk pembinaan atlet tidak terlepas dari dukungan penuh Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ). “Terima kasih kepada bapak Menpora, Zainudin Amali beserta Jajarannya. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, bapak Chandra Bakti dan Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional bapak Surono atas dukungan kepada Pelatnas Panjat Tebing Indonesia,” kata Asep.

Asep juga mengatakan bahwa ajang tersebut pada awalnya merupakan “Test Case” atau Evaluasi latihan tim selama periodesasi program latihan terutama di masa pandemi tahun 2021.

“Kompetisi ini juga penting sebagai “Psywarming” dalam persaingan pemecahan rekor dunia pada kategori Speed World Record yang banyak di klaim oleh negara negara pesaing dalam setiap kejuaraan nasional di negara masing – masing,” lanjut Asep.

Seperti diketahui, dua atlet panjat tebing tanah air yakni Veddriq dan Kiromal memecahkan rekor dunia untuk kategori nomor speed 15 meter. Veddriq sendiri meraih medali emas usai berhasil mengalahkan Kiromal Katibin pada laga final. Pada final Veddriq Leonardo mencatatkan waktu 5,20 detik.

Tidak hanya itu, record sebelumnya tercipta sejak pada babak penyisihan, Veddriq Leonardo mematahkan rekor sebelumnya yang dibuat atlet Iran, Reza Alipour, pada Piala Dunia 2017 di Nanjing, China. Kala itu catatan terbaik adalah 5,48 detik.

Veddriq Leonardo lalu memecahkannya dengan catatan 5,37 detik. Namun kemudian Kiromal Katibin langsung melangkahi rekannya tersebut dengan membuat torehan 5,25 detik. Namun pada final, Veddriq Leonardo membuat catatan apik dengan waktu 5,20 detik.

Veddriq yang keluar sebagai pemenang dan berhasil membawa pulang medali emas dari Kejuaraan Dunia Panjang Tebing tersebut. Catatan waktunya yang menyentuh 5,20 detik itu lantas membuatnya menjadi pemegang rekor dunia sebagai yang tercepat menyelesaikan wall 15 meter di nomor speed putra tersebut.

“Mereka (Veddriq dan Kiromal) melakukannya lagi. Veddric Leonardo mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin dan mencatatan lagi rekor dunia di nomor speed putra di Salt Lake City, 5,208 detik,” bunyi keterangan yang dikutip dari akun instagram @ifscclimbing, Sabtu (29/5).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)