Tembus Final Kejuaraan Tinju Asia, Uswatun Hasanah Catat Sejarah

Senin, 31 Mei 2021 - 14:02 WIB
loading...
Tembus Final Kejuaraan Tinju Asia, Uswatun Hasanah Catat Sejarah
Uswatun Hasanah menorehkan sejarah di Kejuaraan Tinju Asia/Foto/Antara/Ari Bowo Sucipto
A A A
DUBAI - Uswatun Hasanah menorehkan sejarah di Kejuaraan Tinju Asia. Dia menjadi petinju wanita Indonesia pertama yang berhasil melaju ke partai puncak pada ajang bertajuk Asian Elite Boxing Championship tersebut.

Sayangnya, Uswatun Hasanah harus puas meraih medali perak. Peraih medali perunggu kelas ringan 60 kg cabang tinju di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang itu harus megakui ketangguhan petinju Kazakhstan Rima Volossenko pada final di Le Meredien, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (30/5/2021).



Petinju asal Nusa Tenggara Barat itu melangkah ke partai puncak usai mengalahkan petinju Tajikistan, Shoira Zulkaynarova di semifinal. Uswatun yang turun di kelas 60 kg putri menang tipis dengan skor 3-2.

Sementara itu, sebelumnya atau di babak perempat final, Uswatun tampil apik dengan menumbangkan petinju putri Filipina, Maricel Sela Torre.



Dia menumbangkan Maricel Sela Torre dengan angka mutlak (uninomous Dececion) 5-0. Meski belum berhasil mempersembahkan medali emas untuk Indonesia, pencapaian Uswatun di kejuaraan ini patut diapresiasi tinggi.

Prajurit wanita TNI AD itu telah mencatatkan namanya sebagai petinju putri Indonesia yang berhasil mencapai final pada ajang kejuaraan tinju di tingkat Asia.

Pencapaian Uswatun ke babak final sebelumnya mendapat pujian dari Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, selaku Ketua Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) NTB.

“Jadi kejuaraan tinju di Dubai, Uni Emirat Arab ini juga sebagai ajang untuk menambah pengalaman sekaligus try out bagi Atun (panggilan akrab Uswatun Hasanah) menghadapi SEA Game di Vietnam nanti, ujar Ahmad Rizal dilansir dari laman tniad.mil.id, Senin (31/5/2021).
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1860 seconds (0.1#10.140)