Depresi, Naomi Osaka Mundur dari Prancis Terbuka 2021

Selasa, 01 Juni 2021 - 12:30 WIB
loading...
Depresi, Naomi Osaka Mundur dari Prancis Terbuka 2021
Depresi, Naomi Osaka Mundur dari Prancis Terbuk 2021/Foto/Twitter
A A A
PARIS - Lantaran depresi, Naomi Osaka mundur dari ajang Prancis Open 2021 yang tengah bergulir. Petenis asal Jepang itu mengaku mentalnya terganggu dan tak mau melanjutkan turnamen tenis Grand Slam tersebut.

Osaka mengumumkan pengunduran dirinya di akun Twitter pribadinya (@naomiosaka). Dia mundur dari Roland Garros karena depresi. Padahal Osaka sudah dijadwalkan akan menghadapi Ana Bogdan (Romania) di babak kedua Prancis Open tersebut.



Keputusan Osaka pun sudah bulat untuk cabut dari ajang Prancis Terbuka 2021. Ia membulatkan tekadnya setelah diberi sanksi oleh panitia Roland Garros karena absen di konferensi pers seusai memenangkan laga babak pertama Prancis Terbuka.

Osaka diketahui menghindari konferensi pers karena tak mau menerima pertanyaan-pertanyaan dari awak media yang membuatnya semakin depresi. Osaka memilih langkah itu karena tahu bahwa mentalnya memang lemah dalam beberapa tahun terakhir ini.



Bahkan Osaka mengaku sudah mengalami depresi itu seusai menjuarai Amerika Serikat Terbuka (US Open) 2018. Jadi, kurang lebih tiga tahun sudah Osaka memendam rasa depresinya itu.

“Menurut saya, hal terbaik untuk turnamen ini (Prancis Open), untuk para petenis lain, dan tentunya saya sendiri adalah mundur dari turnamen ini. Sehingga semua orang bisa kembali fokus bermain tenis,” kata Osaka di akun twitternya, Selasa (1/6/2021).

“Saya tak pernah menginginkan menjadi gangguan dan saya menerima bahwa waktunya tak tepat serta seharusnya saya menyatakan semuanya lebih jelas lagi. Sejujurnya, saya sudah merasa depresi yang panjang sejak US Open 2018 dan saya kesulitan sejak saat itu,” tambahnya.

“Semua yang mengenal saya tahu bahwa saya adalah seorang introvert. Jika diperhatikan baik-baik, sebenarnya saya selalu memakai headphones saat di turnamen itu membantu saya meredam rasa kecemasan saya,” lanjut Naomi.

“Sebenarnya konferensi pers di dunia tenis selalu baik kepada saya. Hanya saja saya bukanlah orang yang sering berbicara di depan banyak orang. Saya selalu merasa cemas yang luar biasa ketika akan berbicara di konferensi pers,” imbuhnya.

Jadi, kurang lebih itulah alasan Osaka mundur dari Prancis Terbuka 2021. Sejumlah petenis, termasuk Serena Williams pun mendukung Osaka untuk berhenti sejenak dari perlombaan agar bisa menyembuhkan diri dari rasa depresinya itu.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)