Ambil Alih Tuan Rumah Copa America 2021, Brasil Menuai Kritikan

Kamis, 03 Juni 2021 - 23:01 WIB
loading...
Ambil Alih Tuan Rumah Copa America 2021, Brasil Menuai Kritikan
Sejumlah pihak mengkritik pemindahan tuan rumah Copa America 2021 ke Brasil/Foto/livecopaamerica.com
A A A
BRASILIA - Sejumlah pihak mengkritik pemindahan tuan rumah Copa America 2021 ke Brasil. Tak hanya pelatih Argentina dan Cile, para epidemiolog dan tenaga medis Brasil mengungkapkan kekhawatiran yang sama. Menurut mereka, perhelatan ini akan meningkatkan penyebaran virus dan akan menimbulkan masalah baru.

Pakar Spesialis Penyakit Menular sekaligus Komite Respons Pandemi Brasilia, Jose David Urbaez, berpendapat penyelenggaraan ini akan menggerakkan banyak orang. Karena itu, dia khawatir ajang tersebut akan memberi kontribusi besar pada peningkatan virus Covid-19 di Brasil.



“Peristiwa sebesar itu menggerakkan banyak orang, bahkan jika pertandingan diadakan di stadion kosong. Memindahkan orang meningkatkan penyebaran virus. Ini akan berkontribusi pada masalah baru," kata Urbaez dilansir dari Firstpost, Kamis (3/6/2021).

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa turnamen Copa America 2021 di Brasil seharusnya dihentikan. Urbaez mengingatkan jika memaksakan ajang ini tetap berlangsung, maka bisa berakibat fatal.

“Turnamen seharusnya dibatalkan, berhenti total," tegasnya.



Selain itu, kritik juga datang dari ahli Epidemiologi dari Universitas Pelotas, Pedro Hallal. Ia berpendapat menjadi tuan rumah Copa America sekarang adalah hal yang sembrono.

“Banyak negara lain yang memiliki penanganan pandemi lebih baik. Sulit untuk memahami dari mana keputusan ini berasal," katanya.

Sementara itu, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, tidak akan masalah dengan menyelenggarakan turnamen Copa America 2021 di negaranya. Ia mempersilakan Brasil sebagai tuan rumah karena menurutnya hal ini merupakan keputusan bersama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)