Lima Peraturan Aneh Duel Ekshibisi Mayweather Jr vs Logan Paul

loading...
Lima Peraturan Aneh Duel Ekshibisi Mayweather Jr vs Logan Paul
Lima Peraturan Aneh Duel Ekshibisi Mayweather Jr vs Logan Paul. Foto: IST
FLORIDA - Duel ekshibisi antara Mayweather Jr dan Logan Paul akan digelar akhir pekan ini. Sedikitnya terdapat lima peraturan aneh yang menyertai duel tersebut.

Pertarungan yang mempertemukan pensiunan tinju kelas welter Floyd Mayweather Jr kontra Youtuber Logan Paul akan digelar di Hard Rock Stadium, Miami Gardens, Florida, Amerika Serikat, Minggu (6/6/2021) waktu setempat atau Senin (7/6/2021) pagi waktu Indonesia. Terdapat sederet aturan tak lazim yang akan digunakan.

Baca Juga: Artur Beterbiev Kecewa Mayweather Lawan Logan Paul demi Uang!

Menurut laporan jurnalis ESPN, Marc Raimondi, pertarungan ekshibisi tersebut sudah diatur agar berakhir tanpa pemenang. Sebagai catatan, kata Raimondi, duel ini hanya mengizinkan kemenangan melalui KO yang ditentukan oleh keputusan wasit.



Laga ekshibisi ini juga tidak melibatkan juri seperti dalam format pertarungan tinju pada umumnya, sehingga tidak terdapat perhitungan poin di akhir duel. Selanjutnya, petarung tidak menggunakan pelindung kepala lazimnya laga ekshibisi seni bela diri campuran (mixed martial arts).

Berbeda dengan pertarungan tinju di kelas welter— kelas terakhir Mayweather Jr sebelum pensiun yang memakan 12 ronde, pada duel ekshibisi ini kedua petarung cuma melakoni delapan ronde. Masing-masing ronde memakan waktu tiga menit.

- tak ada juri
- tak ada perhitungan poin
- pemenang hanya ditentukan oleh KO dari wasit
- tidak menggunakan pelindung kepala
- digelar delapan ronde

Menurut Komite Tinju Florida, pertarungan ini bukan laga profesional karena tidak digelar menggunakan format pertarungan resmi layaknya dalam olahraga tinju . Bobot kedua petarung juga dipastikan berbeda alias tidak sekelas.

Meski cuma pertarungan ekshibisi, rencana duel Mayweather Jr kontra Logan Paul mendapat sorotan tajam dari para petinju profesional. Pemegang sabuk juara dunia kelas berat WBC, Tyson Fury , mengaku tertarik untuk melakoni pertarungan ekshibisi serupa.

Pertarungan ekshibisi ini diyakini cuma untuk menghibur penggemar atau mencari keuntungan dari jumlah penonton. Sekadar gambaran, pada 2019 pertarungan ekshibisi Logan Paul melawan YouTuber KSI saja bisa menghasilkan angka pay-per-view yang besar, mencapai 50 juta dolar AS atau sekitar Rp712 miliar.
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top