Akan Ladeni Vietnam, Shin Tae-yong Justru Kurangi Porsi Latihan Timnas Indonesia

Minggu, 06 Juni 2021 - 10:37 WIB
loading...
Akan Ladeni Vietnam, Shin Tae-yong Justru Kurangi Porsi Latihan Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali memimpin pasukannya berlatih jelang menghadapi Vietnam. Namun, durasinya tidak berlangsung lama. Foto: PSSI.org
A A A
DUBAI - Pelatih Timnas Indonesia , Shin Tae-yong kembali memimpin pasukannya berlatih di lapangan milik Uni Emirat Arab (UEA) FA, Dubai, Sabtu (5/6/2021) waktu setempat. Namun, durasinya tidak berlangsung lama dan hanya dilakukan sehari sekali.



Porsi latihan itu terlihat jauh lebih sedikit ketimbang saat laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia belum dimulai. Shin Tae-yong sengaja mengambil kebijakan ini untuk menyimpan tenaga para pemainnya.

Menurut pelatih asal Korea Selatan, itu dalam sebuah turnamen seperti kualifikasi Piala Dunia, stamina adalah hal yang terpenting karena jarak antar laga sangat dekat. Karena itulah dia tak mau memaksa para pemainnya latihan terlalu keras.

“Kemarin dan hari ini (Sabtu, 5/6/2021) saya hanya terapkan satu kali latihan. Itu karena para pemain sudah sangat bekerja keras saat melawan Thailand,” ungkap pelatih Shin Tae-yong, di laman resmi PSSI.

“Saya katakan lagi, ini turnamen, jadi harus mengumpulkan energi, otomatis porsi latihan turun dan (jauh lebih) sedikit. Setelah mengumpulkan energi (istirahat dari pagi hingga siang) pemain kembali mengeluarkan energi itu saat latihan,” tambahnya.

Meski porsi latihan jauh lebih sedikit, Shin Tae-yong tetap memastikan semua pemain fokus melahap menu yang diberikan. Beberapa pemain yang sudah bermain saat melawan Thailand dimintanya untuk mendapatkan porsi latihan yang jauh lebih sedikit.

Sedangkan untuk para pemain Indonesia yang belum merasakan menit bermain mendapatkan porsi latihan yang sama. Shin Tae-yong merasa hal itu dapat mengimbangi kondisi fisik para pemain yang sudah bermain.

“Untuk pemain yang kemarin masuk di tim inti melawan Thailand, porsinya agak diturunkan. Sementara yang tidak main, tetap latihan, agar tetap bisa mengimbangi, kemampuan serta stamina teman-temannya yang lain,” sambungnya.

Selanjutnya skuad Garuda akan menghadapi Vietnam di laga lanjutan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Duel Vietnam vs Indonesia dijadwalkan akan berlangsung Senin (7/6/2021) malam WIB. Jelang menghadapi tim yang mengusai klasemen sementara itu, Shin Tae-yong sudah menyiapkan segalanya sebaik mungkin.

Salah satu persiapannya adalah dengan mengevaluasi hasil 2-2 yang diraih Indonesia saat menghadapi Thailand, Kamis (3/6/2021). Shin Tae-yong akan memperbaiki kekurangan agar bisa meraih kemenangan pertamanya di ajang ini.



“Kami tetap lebih ke evaluasi, mencari kekurangan yang terjadi di pertandingan lawan Thailand. Jadi itu yang akan kita fokuskan untuk laga berikutnya,” tutup pelatih berusia 52 tahun itu.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)