Timnas Futsal Indonesia Berada di Urutan 10 Besar Asia

Selasa, 08 Juni 2021 - 14:24 WIB
loading...
Timnas Futsal Indonesia Berada di Urutan 10 Besar Asia
Timnas Futsal Indonesia masih mantap berada di urutan 10 besar Asia. Meski tak mendapat tambahan poin karena tidak bertanding dalam play off Piala Dunia Futsal 2022 / Foto: MNC Media
A A A
JAKARTA - Timnas Futsal Indonesia masih mantap berada di urutan 10 besar Asia. Meski tak mendapat tambahan poin karena tidak bertanding dalam play off Piala Dunia Futsal 2022.

Tim besutan Coach Ken tetap berada di posisi 10 dengan nilai 1000, di bawah Vietnam di posisi 8 dengan nilai 1059, dan Thailand yang berjaya di posisi 3 dengan raihan poin 1334. Sementara 2 negara yang termasuk unggulan di Piala Dunia Futsal 2021, yakni Iran dan Jepang, kokoh di urutan 1 dan 2 dengan nilai 1609 dan 1386.

Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia Edhi Prasetyo menilai, dengan kinerja Timnas Futsal yang menggembirakan, perbaikan peringkat Timnas Futsal akan sangat dimungkinkan. "Kita selalu memberikan target juara kepada tim pada saat kita tampil di kompetisi tingkat Asia Tenggara. Namun untuk mencapai hal itu kita tentu perlu persiapan yang matang terutama training center dan ujicoba baik dalam negeri maupun tryout ke luar negeri, karena 2 hal inilah yang menjadi kunci untuk mengukur siap atau tidaknya sebuah Timnas menghadapi sebuah kompetisi," kata Edhi Prasetyo.

BACA JUGA: Menyoal Wacana Penundaan SEA Games 2021, Ketum KOI: Kami Tidak Mau Mundur

Sementara itu Asisten Pelatih Kiper Timnas Indonesia, Ade Lesmana berpendapat bahwa Timnas Futsal memiliki peluang untuk memperbaiki peringkat FIFA. Dengan kualitas permainan yang menjanjikan, saat ini hal yang diperlukan Timnas Futsal adalah kompetisi untuk mendulang poin.

“Kalau dengan materi pemain yang sekarang sangat optimis kita bisa memperbaiki peringkat di FIFA dan Asia Kombinasi pelatih kepala, pemain senior yang banyak pengalaman internasional dan pemain muda terbaik indonesia akan membuat futsal indonesia semakin berkembang positif saat ini” ujar pelatih kiper yang kerap disapa Ales.

BACA JUGA: Merindukan Luis Milla

Asisten Pelatih Timnas Futsal Senior Sayan Karmadi menilai, komposisi official Timnas Futsal dan dukungan Federasi menambah peluang Timnas Futsal untuk memperbaiki peringkat. "Sekarang Timnas perlu memperbanyak uji coba bertanding untuk mematangkan strategi dan menaikkan rasa percaya diri bagi tim, apabila semua persiapan itu tidak pernah kita lakukan maka semua harapan dan keinginan kita untuk bisa berprestasi lebih tinggi menjadi hanya mimpi dan harapan saja yang tidak pernah bisa kita raih," katanya.

Per Juni 2021, Timnas Futsal menempati posisi 10 Asia dengan nilai 1000, di bawah Vietnam yang menempati urutan 8 dengan raihan poin 1059.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)