Menpora Tegaskan PON XX Papua Sesuai Jadwal

Rabu, 09 Juni 2021 - 22:05 WIB
loading...
Menpora Tegaskan PON XX Papua Sesuai Jadwal
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menanggapi kesimpangsiuran kabar mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua / Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menanggapi kesimpangsiuran kabar mengenai Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua . Ditegaskannya, event yang diselenggarakan empat tahunan itu tetap sesuai jadwal.

Hal itu disampaikan Menpora dalam Rapat Koordinasi (Rakor) terkait persiapan PON XX Papua di Jakarta, kemarin. Turut hadir dalam rapat ini, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman, Sekretaris Jenderal KONI Pusat Ade Lukman. Hadir pula, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesemenpora), Gatot S Dewa Broto, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, Staf Ahli Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dwijayanto Sarosa Putera.

"Pak Ketua Umum KONI Pusat , Pak Marciano ini baru kembali dari sana sehingga beliau menyampaikan perkembangan terakhir, update dan tentu ini satu hal yang juga menggembirakan buat kita bahwa masalah-masalah yang selama ini kita rasakan menjadi gangguan dalam persiapan tenryata secara perlahan kita mendapatkan penyelesaian dan jalan keluarnya," ungkap Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Rabu (9/6/2021).

BACA JUGA: LADI: PON Papua 2021 Ajang Pemersatu Bangsa

Dalam Rakor yang digelar secara tertutup tersebut, Menpora mengatakan ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain pertama tentang kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX yang akan dilaksanakan Oktober mendatang sekaligus mendengarkan laporan Ketua Umum KONI Pusat yang baru saja meninjau kesiapan Papua.

"Karena selama ini kan berkembang informasi yang simpang siur dan seolah-olah ada yang mengesankan bahwa belum siap bahkan ada wacana yang memunculkan untuk ditunda. Padahal ini sudah pernah ditunda dari tahun 2020 juga hal yang berkaitan dengan kesehatan karena kita tahu sekarang ini sedang Pandemi- covid-19 termasuk di Papua itu sendiri,” tutur Menpora.

Sementara itu, Ketum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan bahwa dirinya baru kembali dari Papua untuk memantau secara langsung kesiapan Papua menjadi tuan rumah PON XX . Saat di Papua, Marciano mengaku telah melakukan rapat koordinasi dengan PB PON sub PB PON Merauke, Mimika, Jayapura dan Kota Jayapura. Yang juga dihadiri oleh Panglima Kodam Cenderawasih, Kapolda Papua dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat di dalam penyelenggaraan PON Papua.

BACA JUGA: Hasil Semifinal Playoff NBA 2020/2021, Rabu (9/6) WIB

"Dari sisi kesiapan venue, sampai saat ini tetap sesuai dengan harapan kita semua. Sesuai dengan perencanaan waktu yang kita buat. Ada beberapa yang masih dalam proses tapi itu akan selesai pada waktunya," jelas Marciano.

Sementara terkait permasalahan yang mengemuka di media yakni ada kota yang menolak jadi kluster tuan rumah PON, menurut dia hal itu benar. Namun yang terjadi adalah hanya ada masalah komunikasi antara PB PON dengan kota setempat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)