Preview Timnas Indonesia vs Uni Emirates Arab: Ujian Besar Skuat Garuda

loading...
Preview Timnas Indonesia vs Uni Emirates Arab: Ujian Besar Skuat Garuda
Preview Timnas Indonesia vs Uni Emirates Arab: Ujian Besar Skuat Garuda. Foto: IST
DUBAI - Timnas Indonesia akan bentrok Uni Emirates Arab (UEA) di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Skuat Garuda dituntut mencari hasil positif untuk membuktikan kemajuan tim di tangan Shin Tae-yong.

Pertandingan akan berlangsung di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) pukul 23.45 WIB. Timnas Indonesia sendiri tidak akan didampingi langsung oleh Shin Tae-yong lantaran sang pelatih menjalani akumulasi kartu kuning.

Baca Juga: Seberapa Kuat Benteng Indonesia Menahan Gempuran UEA?

Teranyar, skuat asuhan Shin Tae-yong takluk empat gol tanpa balas menghadapi Vietnam, Senin (7/6/2021) waktu setempat. Hasil tersebut menandai perjuangan anti-klimaks Timnas Indonesia yang sebelumnya berhasil menahan imbang Thailand, Kamis (3/6/2021).



Menghadapi pertandingan pemungkas di Grup G, Timnas Indonesia mau memberikan kemampuan terbaik. Bek Timnas Indonesia, Arif Satria, mengatakan timnya tidak boleh larut dalam kekalahan, sehingga bisa bangkit mempersiapkan laga melawan UEA.

Bek dari Persebaya itu mengatakan, Timnas Indonesia mengincar kemenangan di laga kontra UEA. Sekalipun itu tak mudah mengingat calon lawan menyandang status tuan rumah dan masih berpeluang lolos ke babak ketiga kualifikasi— namun Arif Satria tetap yakin Merah Putih belum menyerah.

“Kami ingin mempersembahkan kemenangan juga, tapi itu tentu tidak mudah. Uni Emirat Arab akan tampil sebagai tuan rumah, mereka punya motivasi tersendiri, jadi kami dari pemain juga tak ingin kalah lagi,” kata bek 25 tahun itu dikutip laman resmi PSSI.

Arif Satria akan berhadapan dengan penyerang tersubur sepanjang masa UEA yakni Ali Mabkhout yang sudah menyumbang 73 gol untuk negaranya. Penyerang berusia 30 tahun itu tercatat sudah menorehkan delapan gol sepanjang babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sekadar informasi, Timnas UEA diarsiteki pelatih Bert van Marwijk. Mereka menjadi skuat dengan rata-rata usia tertua di Grup G yakni 28 tahun; berbeda dengan Indonesia yang justru menjadi skuat dengan rata-rata pemain termuda di grup, yakni 22 tahun.

Dengan perbedaan pengalaman yang mencolok, serta absennya Shin Tae-yong di sisi lapangan, Timnas Indonesia tentu tengah menghadapi ujian besar. Komando akan diambil alih Choi In-choel dan Nova Arianto yang selama ini jadi asisten Shin Tae-yong.



Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam; Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, Evan Dimas; Kushedya Hari Yudo, Muhammad Rafli, Egy Maulana Vikri
Pelatih: Shin Tae-yong (digantikan asisten pelatih)

Timnas UEA (4-2-3-1): Ali Kaseif; Mahmoud Al Hammadi, Walid Abbas, Shahin Abdulrahman, Bandar Mohamed; Abdalla Ramadan, Ali Salmin; Caio Canedo, Khalfan Mubarak, Fabio Lima; Ali Mabkhout
Pelatih: Bert van Marwijk
(mirz)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top