Fakta Kemenangan Rep Ceko atas Skotlandia: Schick Pecahkan Rekor Gol Terjauh

Selasa, 15 Juni 2021 - 07:30 WIB
loading...
Fakta Kemenangan Rep Ceko atas Skotlandia: Schick Pecahkan Rekor Gol Terjauh
Patrik Schick Pecahkan Rekor Gol Terjauh. Foto: Twitter/Euro 2020
A A A
GLASGOW - Skotlandia kalah 0-2 saat menghadapi Republik Ceko di matchday pertama Grup D Piala Eropa 2020 . Gol kemenangan Republik Ceko diborong Patrik Schick, salah satu golnya memecahkan rekor gol terjauh di Piala Eropa.

Tampil di Hampden Park, Glasgow, Senin (14/6/2021) waktu setempat, Skotlandia sebetulnya lebih diunggulkan menang. Selain menyandang status tuan rumah, mereka juga mengantongi catatan head to head yang bagus.



Namun, Republik Ceko berhasil membuat kejutan dengan dua gol yang dicetak Patrik Schick pada menit ke-42 dan 52. Gol kedua Patrik Schick yang lahir dari jarak 49,7 yard atau sekitar 45,44 meter tercatat sebagai gol dari jarak terjauh di Piala Eropa.

Akibat kekalahan itu, Skotlandia kini menghuni posisi juru kunci klasemen Grup D dengan poin nol. Sebaliknya, Republik Ceko memuncaki klasemen berbekal tiga poin perdana.

Republik Ceko unggul selisih gol atas Inggris yang juga meraih kemenangan atas Kroasia di laga pembuka. Inggris sendiri berada di posisi kedua klasemen karena cuma menang 1-0 atas Kroasia.
Fakta Kemenangan Rep Ceko atas Skotlandia: Schick Pecahkan Rekor Gol Terjauh

Berikut fakta menarik kekalahan Skotlandia dari Republik Ceko

(1) Patrik Schick terlibat langsung dalam sembilan gol dalam sembilan penampilan terakhirnya untuk Republik Ceko di semua kompetisi. Rinciannya, dia mencetak 7 gol dan 2 assist.

(2) Gol kedua Patrik Schick (49,7 yard atau sekitar 45,44 meter) adalah jarak terjauh dari rekor gol yang dicetak di Kejuaraan Eropa (sejak 1980).

(3) Skotlandia belum pernah lolos dari babak penyisihan grup dalam 10 penampilan mereka sebelumnya di turnamen besar. Kekalahan ini membuat peluang mereka untuk lolos dari fase grup Piala Eropa 2020 semakin mengecil.

(4) Skotlandia sebelumnya memenangkan tiga pertandingan terakhir melawan Republik Ceko. Kekalahan ini membuat Skotlandia gagal merajut empat kemenangan beruntun atas Republik Ceko.

(5) Kiper Skotlandia David Marshall (36 tahun 101 hari) adalah pemain tertua kedua yang tampil untuk negaranya di turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia). Rekor masih dipegang Jim Leighton yang berusia 39 tahun ketika tampil di Piala Dunia 1998.

(6) Andy Roberton menciptakan enam peluang melawan Republik Ceko— sejauh ini yang terbanyak dibandingkan pemain mana pun di Piala Eropa 2020.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)