Ukraina vs Makedonia Utara; Shevchenko Soroti Mental Pemain

Kamis, 17 Juni 2021 - 15:05 WIB
loading...
Ukraina vs Makedonia Utara; Shevchenko Soroti Mental Pemain
Andriy Shevchenko mengaku tidak menghawatirkan mental pemain Ukraina jelang bentrok Makedonia Utara di Piala Eropa 2020 pada laga kedua Grup C, nanti malam. Foto: reuters
A A A
BUCHAREST - Andriy Shevchenko mengaku tidak menghawatirkan mental pemain Ukraina jelang bentrok Makedonia Utara di Piala Eropa 2020 . Dia percaya pasukannya akan mampu mengakhiri kutukan di turnamen tertinggi Benua Biru ini.



Ukraina akan melawan Makedonia Utara pada laga kedua Grup C di Arena Nationala, Bucharest, Kamis (17/6/2021). Laga ini bisa menentukan apakah Shevchenko bisa membantu negaranya melaju ke babak gugur Piala Eropa untuk pertama kali.

Sejak berpisah dari Uni Soviet dan merdeka, Ukraina tidak punya catatan bagus di turnamen internasional, khususnya Piala Eropa. Tim berjuluk Zbirna itu tidak pernah lolos kualifikasi mulai edisi 1966-2008.

Ukraina baru hadir pada perhelatan 2012 dan 2016. Namun, hasilnya cukup mengecewakan karena tersisih di fase grup. Hal serupa berpotensi terulang di edisi 2020 lantaran kalah 2-3 dari Belanda pada laga pertama.

Pasalnya, peserta lainnya di Grup C, yakni Austria sukses melibas Makedonia Utara 3-1. Dengan demikian, Ukraina terdampar di posisi tiga klasemen sementara dengan tertinggal tiga poin dari Austria dan Belanda.

Itu sebabnya duel kontra Makedonia Utara tidak ubahnya final bagi Ukraina. Jika kalah lagi maka akan dipastikan terhenti di penyisihan grup Piala Eropa untuk ketiga kalinya secara beruntun. Ini yang diharapkan Sheva bisa dihindari.

“Kami paham sepenuhnya beban yang akan dipikul tim ini. Kami tahu tugas yang menghadang di depan. Karena itu kami tidak membutuhkan kalimat yang tidak diperlukan. Tim ini sudah siap secara mental,” jelas Shevchenko.

Kabar baiknya, Ukraina punya kans cukup besar untuk meraih kemenangan pertamanya. Mereka bisa memanfaatkan momentum laga pertama saat nanti bentrok Makedonia Utara. Walau ditumbangkan Belanda, setidaknya performa para pemain cukup menjanjikan.

Ukraina sempat bangkit dari defisit 0-2 dengan menyamakan kedudukan jadi 2-2 walau akhirnya kalah 2-3. Sebelum Andriy Yarmolenko mencetak gol balasan, Ukraina selalu gagal menjebol gawang lawan dari 72 tembakan di kancah Eropa.



“Ini adalah turnamen yang sangat penting. Tidak setiap tahun kami bisa masuk fase grup Piala Eropa. Jadi para pemain paham betapa pentingnya setiap laga dan punya tanggung jawab melaksanakan tugas yag diberikan,” pungkas mantan penyerang AC Milan itu.

DuelUkraina vs Makedonia Utara bisa disaksikan secara langsung di televisi milik MNC Group, seperti RCTI, iNewsTV dan MNCTV.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)