Jerman Sudah Sadar Portugal Bukan Hanya Sekedar Cristiano Ronaldo

Sabtu, 19 Juni 2021 - 22:05 WIB
loading...
Jerman Sudah Sadar Portugal Bukan Hanya Sekedar Cristiano Ronaldo
Pelatih Jerman, Joachim Loew menyadari Portugal sekarang bukan lagi tim belabel satu orang. Sebab, A Selecao bukan hanya sekedar Cristiano Ronaldo. Foto: reuters
A A A
MUNICH - Pelatih Jerman, Joachim Loew menyadari Portugal sekarang bukan lagi tim belabel satu orang. Sebab, lawan Der Panzer pada laga kedua Grup F Piala Eropa 2020 tidak hanya sekedar Cristiano Ronaldo.



Loew menyatakan Portugal punya pemain-pemain berkualitas selain Ronaldo di lini depan. Dia menyebut beberapa pemain yang patut Jerman waspadai saat nanti bentrok di Allianz Arena, Sabtu (19/6/2021).

Pemain yang dimaksud adalah Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota, dan Joao Felix. Namun, Loew tetap menaruh perhatian khusus untuk Ronaldo. Sebab, dia merupakan pemain terbaik di dunia lebih dari satu dekade terakhir ini.

Performa dan pencapaian Ronaldo hanya dapat ditandingi oleh rival abadinya, Lionel Messi. Penyerang Juventus itu bahkan baru saja dinobatkan sebagai top skor sepanjang masa Piala Eropa dengan torehan 11 gol.

“Portugal bukan lagi pertunjukan satu orang. Portugal bukan hanya Ronaldo. Mereka bukan pertunjukan satu orang, seperti pada 2016 (saat menjuarai Piala Eropa) ketika begitu banyak serangan mereka melewatinya," kata Loew.



Dia menyebut akan menjadi suatu kebodohan jika Jerman sampai meremehkan pemain Portugal yang lain. “Mereka memiliki empat atau lima penyerang kelas dunia. Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota, Joao Felix,” lanjutnya dikutip dari DW.

Loew juga menilai gaya permainan Portugal berbeda dengan Prancis ketika kalah 0-1 pada laga pertama. Menurutnya gaya bermain armada Fernando Santos cenderung cepat dangan sangat membahayakan.

“Sementara Prancis (tim yang mengalahkan Jerman 0-1 pada matchday pertama) bermain rapat menyamping dan langsung, Portugal lebih banyak menyerang dengan kombinasi permainan level tertinggi. Sangat bervariasi dan berbakat secara teknis,” jelas Low.

Jerman mengawali Piala Eropa 2020 dengan kekalahan 0-1 dari Prancis. Sedangkan Portugal melibas Hungaria 3-0, dimana dua gol disumbangkan Ronaldo. “Ronaldo melakukan lebih dari sekadar memindahkan botol Coca-Cola,” pungkasnya.



Jerman tertinggal tiga poin di belakang Portugal dan Prancis. Itu membuat Kai Havertz dkk wajib menang jika masih ingin lolos ke babak 16 besar. Laga ini bisa disaksikan di televisi milik MNC Group seperti RCTI, iNewsTV dan MNCTV, serta streaming online RCTI+, malam nanti pukul 23.00 WIB.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)