Swiss vs Turki; Petkovic Ingin Die Nati Tetap Solid dan Berpikir Positif

Minggu, 20 Juni 2021 - 18:05 WIB
loading...
Swiss vs Turki; Petkovic Ingin Die Nati Tetap Solid dan Berpikir Positif
Swiss bakal menghadapi tugas sulit agar bisa lolos langsung ke babak 16 besar Piala Eropa 2020, yakni wajib mengalahkan Turki. Pelatih Vladimir Petkovic ingin pasukan tetap solid. Foto: reuters
A A A
BAKU - Swiss bakal menghadapi tugas sulit agar bisa lolos langsung ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 . Selain wajib mengalahkan Turki 4-0 pada laga penutup Grup A, Die Nati harus berharap Italia tundukan Wales setidaknya 3-0.



Swiss baru meraih satu poin dari dua laga. Itu berkat hasil 1-1 kontra Wales di laga pertama. Sementara saat bentrok Italia di partai berikutnya, tim asuhan Vladimir Petkovic itu dihajar tiga gol tanpa balas.

Imbasnya, Swiss terdampar di posisi tiga klasemen sementara dengan produktivitas minus tiga gol. Itu sebabnya duel kontra Turki di Olympic Stadium, Baku, Minggu (20/6/2021) menjadi kesempatan terakhir bagi Granit Xhaka dkk untuk menemani Italia di babak gugur.

Tapi, jika nantinya duel Italia vs Wales berakhir imbang, Swiss tetap punya peluang melaju jika bisa menundukan Turki, yakni melalui jalur peringkat tiga terbaik. Nantinya, ada empat tim peringkat tiga terbaik yang berhak ikut ke 16 besar Piala Eropa.

Namun, jika lewat jalur ini, Swiss masih harus bersaing dengan sejumlah tim besar. Saat ini Portugal, Austria, Finlandia dan Spanyol masuk empat besar peringkat tiga terbaik. Ini yang menjadi perhatian Petkovic.

Petkovic menyadari Swiss berada dalam tekan berat. Karena itu dia meminta kepada para pemain agar tetap solid dan berpikiran positif. “Menghadapi Turki kami punya peluang untuk lolos ke 16 besar. Karena itu kami harus mengerahkan yang terbaik di lapangan,” ucapnya.

“Terkait soal rencana taktik yang akan digunakan, terpenting adalah soliditas, rasa gembira dan menghargai. Lalu, baru kami akan melakukannya (mencoba mengalahkan Turki),” lanjut pelatih berusia 57 tahun itu, dilansir skysport.

Petkovic menyadari hasil yang diraih Swiss tidak bisa selalu memenuhi harapan. Meski demikian, dia menjamin pasukannya akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan ekspektasi. Itu akan coba diperlihatkan saat melawan Turki.



“Kami memang tidak bisa selalu memenuhi ekspektasi. Tapi, kami adalah sekelompok orang yang berusaha memenuhi apa yang diminta. Tapi, sayangnya, kami tidak selalu sukses. Itu sebabnya, kami perlu dukungan dari kalian semua (fans) jelang laga krusial ini,” pungkasnya.

Duel Swiss vs Turki, serta Italia vs Wales bisa disaksikan di televisi milik MNC Group, yakni RCTI, iNewsTV dan MNCTV, Minggu (20/6/2021), pukul 23.00 WIB.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)