Belanda vs Republik Ceko; Ujian Sesungguhnya De Oranje

Minggu, 27 Juni 2021 - 08:05 WIB
loading...
Belanda vs Republik Ceko; Ujian Sesungguhnya De Oranje
Duel Belanda vs Republik Ceko bakal tersaji pada babak 16 besar Piala Eropa 2020. Laga ini akan menjadi ujian sesunguhnya bagi De Oranje. Foto: Evening Standard
A A A
BUDAPEST - Duel Belanda vs Republik Ceko bakal tersaji pada babak 16 besar Piala Eropa 2020 . Laga ini akan menjadi ujian sesunguhnya bagi De Oranje yang ingin memulihkan reputasi.



Pamor Belanda tercoreng lantaran absen di dua turnamen besar secara beruntun, yakni Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Sekarang Negeri Kincir Angin hadir lagi di Piala Eropa 2020. Ini menjadi peluang untuk mengembalikan kepercayaan publik.

Misi itu sepintas akan bisa dilaksanakan. Sebab, tim asuhan Frank de Boer itu tampil luar biasa selama penyisihan Grup C. Mereka bisa mendulang sembilan poin alias menyapu bersih semua laga.

Hebatnya lagi Belanda bisa mencetak setidaknya dua gol disetiap laga. Mereka melibas Ukraina 3-2, Austria 2-0 dan Makedonia Utara 3-0. Georginio Wijnaldum bahkan masuk daftar enam besar top skorer sementara dengan tiga gol.

Sekarang Belanda akan mendapat ujian lagi dari Republik Ceko di Puskas Arena, Budapest, Minggu (27/6/2021). Mereka wajib menang jika ingin kembali jadi raja Benua Biru setelah edisi 1988 di Jerman.

Hanya saja, walau lolos ke babak gugur lewat jalur peringkat tiga terbaik, Republik Ceko tetap tidak bisa dianggap remeh. Sebab, Patrik Schick dkk ada di belakang Inggris dan Kroasia saat penyisihan Grup D. Mereka meraih empat poin hasil satu menang, satu imbang dan satu kalah.

Terlebih, Republik Ceko lebih mendominasi lima pertemuan terbarunya kontra Belanda dengan catatan tiga menang dan dua kalah. Perlu diingat, dua perjumpaan terakhirnya menjadi milik Vladimir Darida dkk dengan kemenangan 2-1 dan 3-2.

Berbahayanya Republik Ceko diakui bek veteran Belanda, Daley Blind. Dia mengingatkan rekan-rekannya untuk tidak menganggap remeh tim asuhan Jaroslav Silhavy itu.

"Kami tidak bisa meremehkan tim seperti Republik Ceko. Saya memahami kami tidak diuntungkan berdasar catatan pertemuan sehingga kami harus bisa menampilkan permainan terbaik," kata Blind,
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6028 seconds (0.1#10.140)