Perempat Final Piala Eropa 2020: Tim Matador Seruduk Swiss

Sabtu, 03 Juli 2021 - 01:44 WIB
loading...
Perempat Final Piala Eropa 2020: Tim Matador Seruduk Swiss
Timnas Spanyol dengan susah payah berhasil mengusir Swiss dari perburuan gelar Piala Eropa 2020 melalui drama adu penalti 3-1 usai bermain imbang 1-1 di ST Petersburg, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB / Foto: Twitter Euro 2020
A A A
SAINT PETERSBURG - Timnas Spanyol dengan susah payah berhasil mengusir Swiss dari perburuan gelar Piala Eropa 2020 melalui drama adu penalti 3-1 usai bermain imbang 1-1 di ST Petersburg, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Ada catatan menarik ketika Tim Matador berhasil lolos ke empat besar di mana mereka selalu keluar sebagai juara. Akankah fakta itu menyelimuti pasukan Luis Enrique atau hanya sebatas mitos belaka?

Bertanding di ST Petersburg, timnas Spanyol unggul lebih dulu saat sepakan Jordi Alba dari luar kotak penalti justru salah diantisipasi Dennis Zakaria. Sehingga bola yang sudah dikeker Sommer malah berubah arah dan gawang Swiss bergetar di menit kedelapan.

BACA JUGA: Piala Eropa 2020, Panggung Terakhir Toni Kroos Bersama Timnas Jerman

Statistik menyebut Piala Eropa 2020 lebih banyak menghasilkan gol bunuh diri. Total, sudah ada 10 own goal yang tercipta di kompetisi sepak bola antarnegara Eropa.

Timnas Spanyol sukses menjaga keunggulan 1-0 hingga interval pertama usai. Di babak kedua, Swiss yanag sebelumnya kalah dalam penguasaan bola berusaha mengambil inisiatif untuk melakukan serangan.

Mengandalkan Xherdan Shaqiri untuk mengatur serangan, Swiss beberapa kali mengancam gawang Spanyol. Namun gol penyeimbang baru tercipta di menit 68.

BACA JUGA: Preview Timnas Belgia vs Italia: Mengadu Rekor

Adalah Shaqiri yang mencetak gol penyeimbang setelah menerima umpan datar Remo Freuler. Shaqiri kini telah mencetak lebih banyak gol di Piala Eropa daripada pemain lain dalam sejarah Swiss (empat gol).

Total, Shaqiri telah terlibat 51 gol dalam 96 pertandingan bersama Swiss. Selang 10 menit kemudian, petaka hadir untuk Swiss.

La Nati terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Freuler menerima kartu merah usai melanggar Gerard Moreno. Freuler merupakan pemain pertama yang mendapat kartu merah di perempat final Piala Eropa sejak Gheorghe Hagi pada 2000.

Beruntung, 10 pemain Swiss mampu menjaga skor 1-1 hingga 90 menit pertandingan. Laga pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan.

Selama di babak tambahan, Sommer tampil perkasa di bawah mistar gawang. Pasalnya, ia mampu menepis beberapa peluang emas yang diciptakan pemain Spanyol.

Hingga dua kali babak tambahan tak ada gol tercipta. Wasit Michael Oliver terpaksa menentukan pemenang melalui drama adu penalti. Lewat drama adu penalti ini, timnas Spanyol keluar sebagai pemenangnya dengan skor 3-1.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)