5 Fakta Kemenangan Spanyol atas Swiss di Perempat Final Piala Eropa 2020

Sabtu, 03 Juli 2021 - 13:01 WIB
loading...
5 Fakta Kemenangan Spanyol atas Swiss di Perempat Final Piala Eropa 2020
Kapten Timnas Swiss, Xheradan Shaqiri (depan) berebut bola dengan kapten tim nasional Spanyol, Sergio Busquets di Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Dmitri Lovetsky
A A A
SAINT PETERSBURG - Timnas Spanyol berhasil lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Swiss lewat drama adu penalti. Sederet fakta menarik tersaji dari laga tersebut.

Bermain di Saint Petersburg Stadium, Jumat (3/7/2021) waktu setempat, Spanyol lebih dulu unggul lewat gol bunuh diri Denis Zakaria di menit ke-8. Di babak kedua, Swiss menyamakan skor lewat gol balasan Xherdan Shaqiri .



Hingga waktu normal berakhir, skor 1-1 tetap tidak berubah. Babak tambahan selama dua kali 15 menit juga tidak menghasilkan gol sehingga pertandingan berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak tos-tosan ini Spanyol baru bisa menundukkan Swiss dengan skor 3-1. Kiper mereka, Unai Simon, menjadi pahlawan setelah menggagalkan dua penendang Swiss yakni Fabian Schar dan Manuel Akanji.

Spanyol menjadi tim pertama yang memastikan diri lolos ke babak semifinal. La Roja baru dapat kepastian lawan setelah Italia mengalahkan Belgia di laga perempat final lain yang berlangsung di hari yang sama alias Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Berikut fakta menarik dari kemenangan Spanyol atas Swiss:

(1) Timnas Spanyol adalah tim pertama di Piala Eropa (dan Piala Dunia) yang mendapat tiga gol dari aksi bunuh diri lawan. Sebelumnya, La Roja memperoleh dua gol bunuh diri ketika melawan Slovakia.

(2) Sergio Busquets menyamai rekor Andoni Zubizarreta (126 caps) sebagai pemain kelima yang membuat jumlah penampilan terbanyak untuk Timnas Spanyol. Pemegang rekor sebelumnya adalah Sergio Ramos (180), Iker Casillas (167), Xavi Hernández (133) & Andrés Iniesta (131).

(3) Pedri (18 tahun 219 hari) menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah Piala Eropa dan Piala Dunia yang dipasang sebagai starter dalam lima pertandingan beruntun. Sebelumnya ada nama Norman Whiteside dari Irlandia Utara, yang lima kali menjadi starter ketika berusia 17 di Piala Dunia 1982.

(4) Xherdan Shaqiri mencetak gol ketiganya untuk Timnas Swiss di Piala Eropa 2020. Pemain asal klub Liverpool itu menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu edisi Euro untuk negaranya.

(5) Spanyol akan bentrok Italia di babak semifinal Piala Eropa 2020. Rekor pertemuan kedua tim dipegang Italia karena Spanyol baru satu kali menang dalam enam bentrokan dengan rekor (imbang 3, kalah 2).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)