Kisah Jadon Sancho Dari Sepak Bola Jalanan Kini Manusia Rp1,4 Triliun

Senin, 05 Juli 2021 - 07:23 WIB
loading...
Kisah Jadon Sancho Dari Sepak Bola Jalanan Kini Manusia Rp1,4 Triliun
Kisah Jadon Sancho Dari Sepak Bola Jalanan Jadi Manusia Rp1,4 Triliun
A A A
Kisah Jadon Sancho dari sepak bola jalanan London Selatan meroket kariernya menjadi pemain dengan transfer mahal £73 juta atau sekitar hampir Rp1,4 triliun di Manchester United . Karirer Sancho meroket setelah berkelana dari sepak bola jalanan, Watford, Manchester City dan Borussia Dortmund dan kini Manchester United.

Ya, Jadon Sancho akhirnya berseragam Manchester United, setelah lebih dari setahun negosiasi antara Setan Merah dan Borussia Dortmund dalam bursa transfer pemain . Pengeluaran sebesar £ 73 juta plus tambahan sudah cukup untuk meyakinkan raksasa Bundesliga untuk berpisah dengan aset berharga mereka.



Tetapi pada tahun 2012, jauh sebelum ia menjadi salah satu prospek paling menarik di Eropa di Borussia Dortmund dan dipaksa masuk ke skuat Inggris untuk Euro 2020, Sancho sedang mempelajari permainan di London Selatan. Ia lahir pada Maret 2000 dari orang tua Trinidad, dan dibesarkan di Kennington. ’’Saya menyebut diri saya pesepakbola jalanan, di situlah saya belajar trik saya,’’kata Jadon Sancho kepada Sky Sports.

’’Saya berada di sebuah perkebunan. Ada taman di belakang yang kami sebut Blue Park, dan kami dulu hanya pergi ke sana dan selama dua jam bermain mini game, semua orang biasa masuk ke dalamnya,’’cerita Jadon Sancho.

’’Dulu saya punya semua triknya dan saya melakukannya seperti anak laki-laki yang lebih tua.Mereka bermain dengan baik sehingga mereka tidak ingin menyakiti kami para pemain muda. Tapi mereka pikir saya siap bermain dengan mereka.’’

Sayce Holmes-Lewis adalah pelatih komunitas untuk Southwark Council, yang melatih Sancho dalam tim anak-anak paling berbakat di London Selatan dan tumbuh dekat dengan anak berusia 12 tahun itu dan ayahnya, Sean.



Keluarga Sancho akan pergi dan menonton Holmes-Lewis bermain untuk Lewisham Borough, dan dia mengenang: ’’Jadon berdarah afro kecil ini, selalu tersenyum. Selalu ada olok-olok antara saya dan dia.’’

’’Saya akan mengatakan, 'Saya yakin Anda tidak dapat melakukan keterampilan ini'. Saya akan menunjukkan kepadanya dan pada akhir sesi dia mendapatkannya. Itu memalukan bagi saya karena saya hampir berusia 30 tahun saat itu, telah melatih keterampilan ini sepanjang musim panas dan dia butuh satu jam untuk menguasainya!.’’

Sancho yang berusia 21 tahun menjadi pilihan bos Three Lions Gareth Southgate di Piala Eropa 2020. Mereka yang menyaksikan Sancho dalam perjalanannya dari anak yang percaya diri dari Kennington menjadi salah satu yang terbaik di Bundesliga, menggambarkannya sebagai anak yang ramah dengan segudang kemampuan.

Namun ada satu sifat yang menonjol — tekad yang teguh untuk berhasil. Louis Lancaster, yang melatih Sancho di akademi Watford, mengatakan: ''Ada ungkapan hebat dalam sepak bola yang berbunyi, 'Siapkan pemain untuk jalurnya' karena itu tidak berubah.''
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)