Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Dikukuhkan Menpora

Kamis, 08 Juli 2021 - 12:32 WIB
loading...
Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 Dikukuhkan Menpora
Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 dikukuhkan Menpora secara virtual. Foto: NOC Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Zainudin Amali resmi mengukuhkan atlet Indonesia yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020. Dia bersyukur dapat mengirimkan atlet lebih banyak dari perkiraan.

Gelaran Olimpiade 2020 sendiri akan mulai diadakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Indonesia sendiri rencananya akan mengirimkan 28 atlet ke Jepang.



Menpora mengakui jika angka itu melebih jumlah target yang awalnya dicanangkan. Dia senang dapat menambah jumlah kontingen di tengah pandemi yang berlangsung.

“Kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmatnya, kita mendapat nikmat sehat dan diberi kesempatan untuk mengantarkan 28 atlet terbaik Indonesia untuk menjadi delegasi nama baik Indonesia di kancah Olimpiade musim panas 2021,” kata Menpora, Kamis (8/7/2021).

“Di tengah-tengah pandemi Covid 19, tentunya kita bersyukur dapat melampaui target. Yang sebelumnya hanya 22, tetap-I berkat kerjasama semua stakeholder, Alhamdulillah kita bisa mengantarkan 28 atlet terbaik,” ujarnya.

Olimpiade 2020 memang mengalami penundaan akibat pandemi. Dari yang awalnya berlangsung pada 2020, harus diundur selama satu tahun. Dengan demikian, kualifikasi sejumlah cabang olahraga pun diundur.

Upacara pengukuhan didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Surat Keputusan Olimpiade Tokyo oleh Sekjen NOC Indonesia Ferry J Kono yang didampingi Komite Eksekutif Rafiq Hakim Radinal dan Teuku Arlan Lukman.

Setelahnya, janji atlet dibacakan Aflah Fadlan Prawira (renang) dan Diananda Chairunisa (panahan). Dilanjutkan pembacaan laporan Chef de Mission Kontingen Olimpiade Tokyo Rosan P Roeslani, amanat Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), dan amanat Menpora yang diakhir dengan pengukuhan Kontingen Olimpiade Indonesia secara resmi.

Setelah pelepasan, Kontingen Indonesia dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo. Upacara pelepasan dilakukan dari Istana Negara dengan undangan terbatas dan protokol kesehatan yang ketat, yaitu Menpora Zainudin Amali, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Rosan P Roeslani, Menteri BUMN Erick Thohir selaku IOC Member.

Hadir pula empat atlet yang datang ke Istana Negara yaitu Aflah Fadlan Prawira (renang), Windy Cantika (angkat besi), serta pemanah Arif Dwi Bagus Pangestu dan Bagas Prastyadi. Sementara atlet-atlet lainnya mengikuti upacara secara virtual dari pelatnas masing-masing, di mana enam cabang olahraga berada di Jakarta, rowing di Pengalengan, serta selancar ombak di Bali.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)