Arsene Wenger Sebut Penalti Timnas Inggris Gaib

Jum'at, 09 Juli 2021 - 11:02 WIB
loading...
Arsene Wenger Sebut Penalti Timnas Inggris Gaib
Arsene Wenger Sebut Penalti Timnas Inggris Gaib. Foto: Kolase
A A A
LONDON - Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger merasa heran dengan keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Tim Nasional (Timnas) Inggris saat menghadapi Denmark di semifinal Piala Eropa 2020. Menurut Wenger, Inggris tak seharusnya dihadiahi penalti karena memang tak ada pelanggaran yang terjadi.

Wenger berkata seperti itu karena memang penalti yang diberikan wasit terhadap Inggris saat menghadapi Denmark pada Kamis (8/7/2021) dini hari WIB itu sampai saat ini masih berbau kontroversi. Apalagi mengingat gara-gara penalti itu, skor yang awalnya sama kuat 1-1, berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Inggris di babak tambahan.



Meski memang Harry Kane yang mengeksekusi tendangan penalti itu gagal karena kiper Denmark, Kasper Schmeichel, mampu menipisnya, bola tetap masuk lantaran striker Tottenham Hotspur itu mampu membalikkan bola muntahannya.

Gol dari Kane di menit 104 itu lantas membuat Inggris lolos ke final Piala Eropa 2020 dengan menang 2-1 atas Denmark. Walau hasil sudah keluar, tetap saja banyak pihak yang menyesali keputusan wasit yang memberikan Inggris penalti di menit-menit krusial, salah satu yang protes tentunya adalah Wenger.

Sebelumnya, penggawa Timnas Inggris, Raheem Sterling mengakui bahwa timnya layak diberikan hadiah penalti. Sebagai sosok yang menyebabkan terciptanya penalti kontroversi tersebut, Sterling mengaku dijegal dan akhirnya terjatuh di kotak penalti.

“Ya, saya masuk ke kotak penalti, lalu dia mencoba menghentikan saya dengan kaki kanannya, lalu aksinya itu menyentuh kaki saya dan itu jelas penalti,” ujar Sterling, dilansir dari Mirror, Kamis (8/7/2021).

Tentu itu adalah tanggapan dari sisi Sterling. Namun, bagi Wenger penalti itu seharusnya tidak terjadi. Wenger seperti merasa penalti itu gaib alias tidak diketahui sebab-sebabnya mengapa bisa disebut pelanggaran.

Dilihat dari tayangan ulang Wenger merasa tak ada pelanggaran yang terjadi kepada Sterling. Wenger pun heran mengapa wasit tak melihat VAR dan kenapa asisten VAR tak menyarankan wasit untuk memakai sistem penunjang kinerja sang pengadil lapangan tersebut.

Jadi, Wenger merasa tak ada dasar yang jelas yang membuat wasit pada akhirnya memberikan penalti kepada Inggris. Hal itu tentu sangat disayangkan oleh Wenger.

“itu bukan penalti. Saya tidak mengerti kenapa (pihak VAR) tidak meminta wasit untum pergi melihat layar,” kata Wenger, yang dikutip dari Bein Sport.

“Dalam momen krusial seperti itu, wasit tentu seharunya melihatnya, keputusan wasit memberikan penalti benar-benar tidak cukup jelas,” tutup pelatih asal Prancis tersebut
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)