Dapat Restu DPR RI, 3 Pemain Naturalisasi Tampil di FIBA Asia Cup 2021 dan World Cup 2023

Rabu, 14 Juli 2021 - 23:59 WIB
loading...
Dapat Restu DPR RI, 3 Pemain Naturalisasi Tampil di FIBA Asia Cup 2021 dan World Cup 2023
Komisi X DPR RI menyetujui permohonan tiga pemain naturalisasi yang diajukan Menpora Zainudin Amali dan PP PERBASI, dalam rapat kerja, Rabu (14/7/2021) / Foto: FIBA
A A A
JAKARTA - Komisi X DPR RI menyetujui permohonan tiga pemain naturalisasi yang diajukan Menpora Zainudin Amali dan PP PERBASI , dalam rapat kerja, Rabu (14/7/2021). Tiga pebasket itu yakni Dame Diagne, Marques Terrel Bolden dan Serigne Modou Kane.

Dame Diagne dan Modou Kane sudah terdaftar dalam tim yang akan mewakili Indonesia di ajang Internasional, yakni Indonesian Patriots. Tim tersebut terdiri dari gabungan pemain muda terbaik yang mewakili daerah maupun klubnya.

Sedangkan, Marques Terrel Bolden adalah pebasket kelahiran Dallas, Texas, Amerika Serikat. Ia bermain untuk klub asal Ohio, Amerika Serikat yakni Celeveland Cavaliers.

BACA JUGA: Ratusan Warga Inggris Berlutut Bela Rashford dari Rasisme Bikin Merinding

Menpora menyampaikan para pemain naturalisasi tersebut berguna untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Basket Indonesia di dua turnamen besar. Ketiga pemain tersebut akan diproyeksikan untuk bermain di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023

“Para pemain ini berguna untuk memperkuat tim nasional (timnas) basket kita yang dirasa masih kurang,” kata Zainudin dalam rapat tersebut, Rabu (14/7/2021).

Sementara itu, PERBASI menyampaikan kebutuhan ketiga pemain tersebut untuk menutup lubang kekurangan tersebut. Diagne, Modou Kane, dan Terrel Bolden ditugaskan khusus untuk membantu secara defensif dan secara rebound.

BACA JUGA: Fabio Quartararo, Pembalap dengan Jumlah Lap Terbanyak di Paruh Pertama MotoGP

“Berdasarkan hasil evaluasi yang kami dapatkan, kita (timnas Basket) membutuhkan posisi ‘Bigman’ untuk membantu secara defensif dan membantu secara rebound yang membutuhkan tinggi tubuh yang mumpuni,” kata PERBASI, Rabu (14/7/2021).

Berdasarkan permohonan tersebut, DPR RI akhirnya mengabulkan permintaan Kemenpora dan PERBASI terkait naturalisasi. Mereka akan mulai debutnya sebagai pemain Indonesia pada ajang FIBA Asia Cup 2021 pada Agustus mendatang.

“Dengan demikian komisi X DPR RI menyetujui dilaksanakannya naturalisasi tiga nama yang disampaikan oleh Menpora dan PERBASI,” ungkap Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng, Rabu (14/7/2021).
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2722 seconds (0.1#10.140)