Lagi, Atlet Olimpiade Dinyatakan Positif Covid-19 saat Tiba di Jepang

Kamis, 15 Juli 2021 - 23:59 WIB
loading...
Lagi, Atlet Olimpiade Dinyatakan Positif Covid-19 saat Tiba di Jepang
Seorang warga mengenakan masker melintas di depan logo Olimpiade di Tokyo, Jepang. Foto: Reuters
A A A
TOKYO - Seorang atlet yang tidak disebutkan namanya dinyatakan positif Covid-19 setelah tiba di Jepang untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 2020 pada Rabu (14/7/2021). Belum diketahui dari mana asal atlet tersebut, namun saat ini dia telah dikarantina selama 14 hari, seperti yang dilaporkan Inside The Games, Kamis (15/7/2021).

Kejadian ini tentu memberi pengaruh bagi sang atlet untuk berpartisipasi di Olimpiade . Pasalnya kompetisi akan dimulai pada 23 Juli, sedangkan masa karantina sang atlet akan berakhir pada 29 Juli.



Ini adalah atlet terbaru yang dinyatakan positif Covid-19 di Tokyo sebelum Olimpiade dimulai. Sebelumnya ada dua atlet dari Uganda, satu dari Israel dan satu dari Serbia yang dinyatakan positif Covid-19 saat tiba atau sedang berada di Jepang.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengklaim kemarin hanya ada tiga kasus positif di antara 8.000 orang yang tiba di Tokyo untuk Olimpiade dari 1 sampai 13 Juli. Lalu, IOC juga telah menunda perjalanan atlet pengungsi di kamp pelatihan di Doha setelah salah satu delegasinya dinyatakan positif Covid-19. Namun, itu tidak dihitung karena mereka belum tiba di Tokyo.
Lagi, Atlet Olimpiade Dinyatakan Positif Covid-19 saat Tiba di Jepang

Lebih lanjut, berdasarkan laporan Inside The Games, Kamis(15/7/2021), selain satu atlet tersebut, terdapat lima orang yang dinyatakan positif pada hari ini. Kelima orang tersebut adalah empat kontraktor dan satu orang staf Olimpiade Tokyo 2020.

Sejumlah kasus positif Covid-19 juga melanda tim rugby putra Afrika Selatan yang harus menjalani karantina. Mereka terpaksa menjalani isolasi mandiri setelah satu pesawat dengan orang terpapar positif Covid-19 saat terbang ke Jepang.



Selan itu, hasil positif juga ditemukan di sebuah hotel di Hammatsu tempat 31 anggota dari Tim Olimpiade Brasil menginap. Dikabarkan tujuh staf hotel dinyatakan positif Covid-19. Pejabat Kota Yoshinobu Sawada mengatakan hotel itu sekarang dianggap sebagai kluster Covid-19.

Meski begitu, sejauh ini belum ada kasus yang dilaporkan dari kontingen Brasil yang tinggal di sana. Namun, situasi ini membuat banyak pihak semakin waswas terkait penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 di tengah pandemi Covid-19.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)