Jalan Panjang dan Kesetiaan 28 Tahun Viking Mendukung Persib

Minggu, 18 Juli 2021 - 03:03 WIB
loading...
Jalan Panjang dan Kesetiaan 28 Tahun Viking Mendukung Persib
Suasana viking saat mendukung Persib Bandung tahun 2017. Foto: Dokumen SINDOnews
A A A
BANDUNG - Viking Persib Club (VPC) saat ini dikenal sebagai salah satu suporter terbesar di Indonesia. Tepat hari ini, 17 Juli 2021, kelompok pendukung Persib Bandung itu berusia 28 tahun.

Perjalanan Viking tentu punya rekam jejak yang panjang. Semula, organisasi ini hanya berjumlah beberapa orang saja. Tribun yang ditempati dulunya adalah tribun selatan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.



Di sana, mereka kerap membentangkan spanduk dan menyanyikan yel-yel pembakar semangat skuad 'Maung Bandung'. Seiring waktu, keberadaan Viking semakin lama semakin besar. Bahkan, jadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Nama Viking sendiri terinspirasi dari suku bangsa Viking di Skandinavia. Ada kesamaan antara Viking pendukung Persib dan bangsa Viking, yakni sama-sama penjelajah.

Bedanya, anggota Viking menjelajah untuk mendukung tim kesayangannya. Mereka setia mengawal dan mendukung perjuangan Persib , baik di kandang maupun tandang. Bisa diibaratkan, tak ada stadion yang tak dijelajahi anggota Viking.

Bahkan, tak hanya di Indonesia, anggota Viking juga kerap mendukung Persib secara langsung di stadion saat berlaga di luar negeri. Itu karena Viking memiliki cabang dan anggota yang tersebar hingga luar negeri.

Di Indonesia sendiri, anggota Viking tak hanya ada di Bandung. Jumlahnya sangat banyak di Jawa Barat. Bahkan, ada begitu banyak distrik atau cabang Viking di berbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, tak heran ketika Persib berlaga kerap ada saja anggota Viking yang mendukung di stadion. Selain anggota Viking di wilayah setempat, mereka juga sengaja datang dari daerah lain hanya untuk mendukung Persib.

Saat ini, Viking terus berkembang dengan berbagai lika-likunya. Berbagai cara kreatif pun dilakukan dari waktu ke waktu untuk mendukung Persib. Yang jelas, Viking menunjukkan kesetiaannya. Mereka tak pernah berpaling mendukung tim lain sejak awal sampai saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)