KOI Luncurkan Logo dan Seragam Kontingen Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020

Senin, 19 Juli 2021 - 17:17 WIB
loading...
KOI Luncurkan Logo dan Seragam Kontingen Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020
Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meluncurkan logo dan seragam baru untuk kontingen tim Indonesia dalam mengarungi Olimpiade Tokyo 2020. Foto: NOC
A A A
JAKARTA - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meluncurkan logo dan seragam baru untuk kontingen tim Indonesia dalam mengarungi Olimpiade Tokyo 2020 . Acara peluncuran ini diselenggarakan virtual pada Senin (19/7/2021).

Acara ini turut menghadirkan para penggawa Indonesia yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020 yang langsung berpartisipasi dari Jepang seperti Eko Yuli Irawan dan Liliyana Natsir. Ada pula perwakilan pejabat KOI, yakni Arlan Lukman selaku Eksekutif komite.



Tak ketinggalan, perwakilan sponsor yang mendukung keikutsertaan Tim Indonesia dalam Olimpiade Tokyo 2020. Di antaranya, perwakilan dari Wall’s Indonesia, Li-ning, hingga Gilang Widya Pramana “juragan 99”.

Menurut Arlan Lukman, logo ini sangat merepresentasikan tim Indonesia di kancah internasional. Dengan logo ini diharapkan menjadi semangat baru bagi para atlet yang akan berlaga meski di tengah pandemi Covid-19.

Logo baru ini mengandung dari dua unsur utama, yakni Burung Garuda dan lima cincin olimpiade (Five Rings of Olympics). Di mana, makna utama dari logo ini adalah menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika atau bersatu di dalam perbedaan.

Diharapkan, selama atlet berlaga di Tokyo, logo ini mengingatkan untuk selalu membanggakan jutaan publik Indonesia yang bersatu mendukung mereka. Meski tak ditonton secara langsung, namun kehadiran mereka berasa melalui logo yang ada di dada.

Arlan berkata, logo ini merupakan hasil pembaruan dari saat Indonesia berlaga di Sea Games 2018. Bila sebelumnya didominasi dengan unsur obor dan tameng, kini dikembalikan menjadi filosofi dasar Indonesia yakni Garuda.



“Di balikan kepada satu filosofi, ada garuda di dadaku. Kata kata itu melekat bagi para kontingen Indonesia, ini ingin kita kembalikan. Kalo di SEA games 2018 ada obor, tameng untuk membangkitkan semangat. Dalam perjalanannya, kita ingin kembalikan tagline garuda di dadaku dan merah putih di dada,” ucap Arlan pada sambutannya di acara peluncuran ini, Senin (19/7/2021).
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)