Albert Sambi Lokonga, Pemain Baru Arsenal Beda Kewarganegaraan dengan Sang Kakak

loading...
Albert Sambi Lokonga, Pemain Baru Arsenal Beda Kewarganegaraan dengan Sang Kakak
Albert Sambi Lokonga, pemain baru Arsenal. Foto: Arsenal
LONDON - Arsenal mengumumkan Albert Sambi Lokonga sebagai rekrutan anyar sekaligus pengganti Granit Xhaka . Salah satu fakta menarik; Lokonga merupakan pemain berkebangsaan Belgia yang memilih jalan berbeda dengan sang kakak.

Albert Sambi Lokonga, 21 tahun, lahir di Brussel, Belgia, namun memiliki darah Kongo. Kakaknya yang juga pesepak bola profesional, Paul-Jose M'Poku, 29 tahun, memilih Kongo sebagai tim nasionalnya.

Baca Juga: Perut Buncit Willian Jadi Ledekan Penggemar Arsenal

Albert Sambi Lokonga diikat oleh Arsenal dengan durasi kontrak 5 tahun atau sampai 2026. Dia didatangkan dengan harga 17,5 juta euro ditambah 4,5 juta euro add ons. Secara total angka tersebut sektarRp380 miliar.

Menurut Football Italia, Rabu (21/7/2021), manuver transfer Albert Sambi Lokonga ke Arsenal melahirkan efek domino di Italia. Sebab, transfer itu membuat Roma selangkah lagi memboyong Xhaka.

Roma memang harus menunggu momen ini agar bisa mendapatkan Xhaka. Dengan sudah adanya pengganti di Arsenal, maka sang pemain diperkirakan bisa lebih mudah dilepas.

Arsenal dikabarkan mematok harga 20 juta euro atau sekitar Rp340 miliar. Namun, I Giallorossi menawar dengan harga 10 juta euro (Rp172 miliar). Pada akhirnya, angka 15 juta euro (Rp260 miliar) dinilai cocok untuk mendapatkan sang pemain di bursa transfer musim panas ini.



Selain itu, Roma juga dikabarkan menambah 2,5 juta euro atau sekitar Rp42 miliar sebagai bonus terkait kinerja. Roma menilai hal tersebut dapat dipenuhi sebagai kesepakatan dengan The Gunners.

Di sisi lain, Xhaka sendiri merupakan pemain kunci Arsenal. Selama lima musim di Emirates, Xhaka sudah mencatatkan total 12 gol dan 17 assist di semua kompetisi. Tak hanya itu, Xhaka juga mengantar Arsenal meraih dua FA Cup dan dua Community Shield.

Selain itu, Xhaka juga tampil impresif bersama Swiss di gelaran Piala Eropa 2020 . Pemain berusia 28 tahun tersebut berhasil mengantar Swiss sampai babak perempatfinal Piala Eropa 2020 meski harus kalah oleh Spanyol di babak tersebut.

Xhaka diprediksi siap mempersingkat liburan musim panasnya demi merampungkan kedatangannya ke Olimpico. Hal tersebut guna mengikuti sesi latihan bersama AS Roma pada musim panas ini.
(sto)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top