Enam Pemilik Klub Sepak Bola Paling Tajir Sejagat

Minggu, 25 Juli 2021 - 07:03 WIB
loading...
Enam Pemilik Klub Sepak Bola Paling Tajir Sejagat
Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan/Foto/manchestereveningnews.co.uk
A A A
MANCHESTER - Pemilik klub sepak bola menjadi sosok menentukan dalam sebuah tim. Meski jarang tampil di depan publik, pemilik klub memiliki peran besar dalam mengontrol, mengorganisasi dan meramu klub agar sesempurna mungkin.

Sponsor, kontrak penyiaran dan transfer pemain hampir dipastikan ada campur tangan sang pemilik. Hampir semua klub papan atas memiliki pemilik dengan kekayaan yang fantastis.



Menurut laporan The Football Lovers yang dilansir pada Sabtu (24/7/2021), ada enam daftar pemilik klub dengan kekayaan fantastis di dunia. Laporan tersebut disusun berdasarkan peringkat kekayaan dunia yang dirangkum media bisnis terkemuka, Forbes. Berikut daftar 6 pemilik klub terkaya di dunia.

1. Sheikh Mansour (Kekayaan: Rp290 triliun)

Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan (Sheikh Mansour) terkenal karena kepemilikannya atas klub Liga Primer Inggris, Manchester City dan Liga Amerika, New York City FC. Dia adalah pemilik klub sepak bola terkaya di dunia serta salah satu pemilik klub sepak bola terkaya di Liga Inggris.

Forbes mencatat, kekayaan Sheikh Mansour mencapai USD20 miliar atau setara Rp290 triliun. Tak heran, Manchester City dibawah kepemilikian Sheikh Mansour menjadi salah satu klub paling aktif dalam bursa transfer.



The Citizen beberapa kali mendatangkan pemain bintang dengan harga fantastis. Sebut saja Riyad Mahrez yang menjadi salah satu pemain yang paling mahal dibeli Man City pada 2018.

Selain itu, Sheikh Mansour adalah seorang politikus yang merupakan wakil perdana menteri Uni Emirat Arab, menteri urusan kepresidenan dan anggota keluarga kerajaan Abu Dhabi. Sheikh Mansour juga memiliki saham di sejumlah usaha bisnis, termasuk Virgin Galactic dan Sky News Arabia.

Selain Man City, tim Major League Soccer New York City dan klub A-League Melbourne City termasuk di antara klub di City Football Group yang dimiliki Sheikh Mansour. Lainnya termasuk Mumbai City di India dan tim Uruguay Montevideo City Torque.

2. Dietrich Mateschitz (Rp275 triliun)

Miliarder asal Austria, Dietrich Mateschitz menjadi salah satu pemilik klub terkaya selanjutnya. Ia mempunyai 49 persen saham di sebuah perusahaan minuman energi terkemuka, Red Bull.

Selain itu, dia mencatatkan telah menyusun portofolio tim yang luas di berbagai cabang olahraga yang sebagian besar memiliki nama perusahaan. Salah satunya yang terkenal adalah klub asal Austria, Red Bull Salzburg.

Selain RB Salzburg, ada Red Bull Leipzig yang berasal dari Jerman dan merupakan tim unggulan di Bundesliga. Selain itu, ia juga memiliki campur tangan di klub asal Liga Amerika, New York Red Bulls.

Forbes mencatatkan kekayaannya mencapai USD19,4 miliar atau setara Rp275 triliun.

3. Andrea Agnelli & Family (Rp188 triliun)

Andrea Agnelli dan keluarganya adalah pemilik raksasa Italia, Juventus. Agnelli memimpin perusahaan keluarganya tersebut dan merupakan Ketua Klub dan Asosiasi Klub Eropa (ECA).

Di usianya yang masih 44 tahun, Agnelli merupakan pengusaha sukses di Italia. Sebagai salah satu klub sepakbola terkaya, Juventus pernah mendatangkan beberapa pemain bintang dengan harga fantastis, termasuk Cristiano Ronaldo.

Dikenal sebagai keluarga industrialis, minat bisnis keluarga Agnelli beragam, tetapi kebanyakan identik dengan industri mobil, memproduksi Fiat, Ferrari, Alfa Romeo, dan merek lain semacam itu. Forbes mencatat, kekayaan Agnelli USD13 miliar atau setara Rp188 triliun.

4. Dietmar Hopp (Rp188 triliun)

Orang terkaya kedelapan di Jerman, Dietmar Hopp merupakan pengusaha yang berfokus pada bidang perangkat lunak dan pemrosesan data. Selain itu, ia tercatat sebagai pemilik klub Bundesliga, Hoffenheim.

Meski tidak banyak berbicara di Eropa, Hoffenheim merupakan salah satu klub yang memiliki nama besar di Jerman. Di sisi lain, Hopp merupakan salah satu pemilik klub dengan kekayaan fantastis.

Hopp dilaporkan telah menginvestasikan hampir 400 juta euro ke Hoffenheim, sebuah klub yang terletak dekat dengan rumah masa kecilnya dan tempat ia bermain saat remaja. Dia dikritik habis-habisan oleh penggemar sepak bola di Jerman, tetapi dia paling menonjol dalam pencarian vaksin virus Covid-19 pada tahun 2020.

Forbes mencatat, kekayaan Hopp sekitar USD13 miliar atau Rp188 triliun.

5. Roman Abramovic (Rp173 triliun)

Pengusaha asal Rusia, Roman Abramovic, merupakan pemilik Chelsea yang sudah menyuntikkan dana jutaan dolar AS kepada klub asal Ibukota Inggris tersebut. Ia dinobatkan sebagai salah satu pemilik klub dengan kekayaan fantastis.

Abramovic adalah orang terkaya di Israel, 10 terkaya di Rusia, dan 113 orang terkaya di dunia. Kekayaan tersebut didapatkannya dari berinvestasi di perusahaan minyak dan ia telah menyumbangkan banyak uang untuk pembangunan sekolah, rumah sakit serta infrastruktur lainnya di Rusia.

Forbes mencatat, kekayaan pemilik The Blues tersebut mencapai USD12 miliar atau setara Rp173 triliun.

6. Phillip Anschutz (Rp144 triliun)

Philip Anschutz merupakan salah satu penddiri Major League Soccer (MLS) atau Liga Amerika Serikat. Selain itu, Anschutz juga merupakan pemilik dari Los Angeles Galaxy (LA Galaxy), klub yang pernah dihuni sejumlah bintang termasuk David Beckham.

Philip Frederick Anschutz adalah seorang pengusaha miliarder Amerika yang memiliki atau mengendalikan banyak perusahaan di berbagai industri, termasuk energi, kereta api, real estate, olahraga, surat kabar, film, teater, arena, dan musik.

Kepentingan bisnis utama miliarder Amerika adalah di industri real estate, minyak, kereta api, dan hiburan. Ia adalah orang terkaya ke-50 di Amerika Serikat, dengan perkiraan kekayaan bersih USD10 miliar atau sekitar Rp144 triliun.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)