Jumpa Wakil Israel di Olimpide Tokyo 2020, Atlet Judo Sudan Pilih Mundur

Selasa, 27 Juli 2021 - 17:05 WIB
loading...
Jumpa Wakil Israel di Olimpide Tokyo 2020, Atlet Judo Sudan Pilih Mundur
Atlet judo asal Sudan, Mohamed Abdalrasool menjadi orang kedua yang mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020 karena bertemu wakil Israel, Tohar Butbul. Foto: independent
A A A
TOKYO - Atlet judo asal Sudan, Mohamed Abdalrasool menjadi orang kedua yang mengundurkan diri dari Olimpiade Tokyo 2020 karena bertemu wakil Israel, Tohar Butbul. Padahal, keduanya dijadwalkan bentrok di babak 32 besar.



Sebelumnya ada atlet asal Aljazair yakni Fethi Nourine yang memutuskan mundur karena berpotensi bertemu Butbul. Ketiganya sebenarnya turun di kelas 73 kg putra dan sudah dipertandingkan pada Senin, (26/7/2021).

Menariknya pada babak 64 besar, Nourine dan Abdalrasool dijadwalkan bertemu. Namun, keduanya memutuskan tidak melakoni pertandingan dan mundur karena mereka menyadari jika salah satu dari keduanya menang, maka lawan di 32 besar adalah Butbul.

Tetapi, Nourine sendiri sudah menyatakan awal tekadnya untuk mundur. Sementara Abdalrasool mengikuti jejak Nourine jelang menghadapi Butbul

Hingga kini, Abdalrasool belum muncul untuk memberikan komentar. Federasi Judo Internasional tidak segera mengumumkan alasan mengapa Abdalrasool tidak ikut bertanding. Pejabat Olimpiade dari Sudan juga tidak segera melontarkan komentar.

Sebelumnya, Nourine menyampaikan alasan kuat tidak ingin menghadapi Butbul dari Israel. Dia melakukan hal tersebut karena lebih mendukung perjuangan Palestina yang saat ini tengah berperang melawan Israel.

“Kami bekerja keras untuk mencapai Olimpiade, tetapi perjuangan Palestina lebih besar dari semua ini,” kata Nourine.

Bahkan pelatih Nourine, Amar Benikhlef, turut mengatakan bahwa mereka membuat keputusan yang tepat. Namun, alasan Benikhlef tersebut masih mendapatkan pengawasan dari IJF.

“Kami tidak beruntung dengan undian. Kami mendapat lawan dari Israel dan itulah mengapa kami harus pensiun. Kami membuat keputusan yang tepat,” tutur Benikhlef.



Sementara Butbul sendiri berhasil melangkah ke perempatfinal di Olimpiade Tokyo 2020. Dia gagal melaju ke semifinal usai tunduk dari wakil Korea Selatan, Chang-rim.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0331 seconds (0.1#10.140)