Ikuti Aksi Para Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo Lewat News RCTI+

Selasa, 03 Agustus 2021 - 17:36 WIB
loading...
Ikuti Aksi Para Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo Lewat News RCTI+
Ikuti Aksi Para Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo Lewat News RCTI+ Foto: RCTI Plus
A A A
JAKARTA - Ajang Olimpiade Tokyo 2020 selalu menarik untuk diikuti. Persaingan yang ketat dan sportif antar atlet di setiap cabang olahraga (cabor) menjadi makin menambah keseruan. Perjuangan atlet Tanah Air tidak ketinggalan menyita perhatian dunia.

Kini mereka berjuang untuk menambah pundi-pundi medali bagi nama baik ibu pertiwi. News RCTI+ selalu aktif memberitakan setiap momen menarik di Olimpiade Tokyo 2020 terutama kabar terbaru perjuangan duta Indonesia.
Cuaca di Tokyo dalam beberapa hari terakhir ini memang kurang bersahabat.Badai dan angin kencang silih datang berganti. Namun kondisi ini tak menyurutkan semangat juang dari para atlet yang tengah berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.


Seperti diketahui, Olimpiade kali ini diselenggarakan saat dunia masih menghadapi Pandemi Covid 19. Sehingga tidak seperti penyelengaraan event olahraga sebelum pandemi, ada beberapa hal yang berbeda di Olimpiade Tokyo 2020.
Setiap pertandingan panitia membatasi penonton yang hadir ke venue. Bahkan penonton dilarang sama sekali datang ke tempat pertandingan. Seperti yang terjadi pada cabang olahraga bulutangkis, yang tidak dihadiri penonton. Diantara para pemain yang berlaga pun dilarang ada interaksi baik sebelum atau sesudah pertandingan.

Bulutangkis masih jadi andalan dari kontingan Indonesia untuk mendulang medali emas. Hingga Sabtu Siang (31/7) asa Indonesia untuk meraih emas di Cabor ini masih terjaga. Pasangan ganda putri Indonesia mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya masuk final cabang bulutangkis Olimpiade. Di final yang akan berlangsung pada Hari Senin (2/8) Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan berebut medali emas dengan pasangan dari China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Di tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, masih menjaga harapan Indonesia untuk meraih medali setelah berhasil masuk ke babak semifinal. Sementara Di ganda putra, awalnya Indonesia sangat berharap bisa meraih emas. Sayang unggulan pertama Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo harus terhenti di perempat final. Di Ganda Putra Indonesia tinggal berharap pada pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan untuk meraih medali perunggu.

Meski tidak dihadiri penonton, cabang bulutangkis tidak kehilangan pamor. Persaingannya sangat ketat dan sengit. Hampir semua unggulan pertama di cabang ini berguguran sebelum masuk semifinal. Kejutan besar terjadi di tunggal putra ketika pemain veteran Kevin Cordon (34 tahun) asal Guetemala berhasil menembus semifinal. Sesaat setelah mengalahkan Heo Kwang Hee, Kevin Cordon pun tak mampu menahan emosinya. Ia pun menangis sambil berguling-guling di pinggir lapangan. Sejarah pun dicatat oleh Kevin Cordon, sebagai atlet dari negeri kecil Guetemala yang berhasil masuk babak semifinal di ajang sebesar Olimpiade.

Olimpiade memang ajang bergengsi bagi semua atlet yang berlaga. Hanya diselenggarakan empat tahun sekali. Kali ini karena pandemic, olimpiade harus molor jadi lima tahun. Tidak semua atlet bisa bertanding di Olimpiade. Mereka harus bersaing terlebih dahulu di babak kualifikasi yang berlangsung 1 hingga 2 tahun sebelum penyelenggaraan.

Sebagai atlet yang mewakili negara, mereka juga punya kebanggaan sekaligus beban, karena mewakili jutaan bahkan ratusan juta penduduk di negaranya masing-masing. Beban mewakili negara inilah yang menjadi salah satu sebab mengapa banyak unggulan di masing-masing cabor yang sudah gugur di babak-babak awal sebelum mencapai final.

Seperti yang dialami petenis nomer 1 dunia asal Serbia Novak Djokovic yang tumbang di babak semifinal. Demikian juga dengan petenis putri andalan tuan rumah Jepang Naomi Osaka juga harus tersingkir sebelum masuk babak final.
Persaingan sengit masih akan terjadi di cabor-cabor yang lain. Di sepakbola putra misalnya Timnas Argentina yang baru saja menjuarai Copa America 2021, gagal melawati fase group. Di cabor ini, Timnas Brasil kini diunggulkan untuk meraih emas. Selain Brasil, ada Spanyol dan Jepang yang juga difavoritkan bisa meraih emas cabor Sepakbola.

Di perolehan medali emas seperti yang sudah diduga Amerika Serikat dan China bersaing ketat. Jepang sebagai tuan rumah untuk sementara menyodok di urutan kedua dalam daftar perolehan mendali sementara (Sabtu 31/7). China di tempat pertama dengan 20 emas, Jepang 17 emas dan Amerika Serikat 16 emas. Sementara Indonesia baru mengantongi satu perak dan dua perunggu. Semua medali tersebut diraih dari cabang angkat besi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)