alexametrics

Puluhan Jurnalis Foto Gelar Aksi Protes di Depan Kantor La Liga

loading...
Puluhan Jurnalis Foto Gelar Aksi Protes di Depan Kantor La Liga
Jurnalis foto di Spanyol menggelar aksi di depan kantor pusat La Liga di kota Madrid. Foto: 20minutos.es
A+ A-
MADRID - Sebanyak 30 jurnalis foto dari berbagai agensi dan kantor berita menggelar aksi protes di depan kantor pusat La Liga di Spanyol. Mereka memprotes kebijakan operator yang melarang pengambilan gambar saat klub latihan.

Aksi tersebut tak cuma berlangsung di depan kantor pusat La Liga di kota Madrid. Beberapa fotografer lain juga menggelar aksi serupa di sejumlah titik di Spanyol, salah satunya di depan gerbang Stadion Mestalla, Valencia, dengan agenda tuntutan yang sama. (Baca juga: Usir Kebosanan, Sir Alex Mainan Lego Replika Old Trafford)

Dalam tuntutannya, para pewarta foto meminta La Liga tidak memonopoli sesi latihan dan pertandingan, dengan menutup akses bagi para fotografer. Mereka juga mendesak La Liga mencabut aturan pelarangan meliput saat sesi latihan klub.



Salah seorang pewarta foto yang ikut aksi tersebut, Biel Alino, mengatakan bahwa La Liga telah melanggar undang-undang keterbukaan informasi. Di Spanyol, seperti halnya di beberapa negara, kegiatan jurnalistik dijamin dan dilindungi oleh undang-undang.

“Pada saat ini kita menghadapi krisis ekonomi yang serius di mana semua sektor membutuhkan bantuan. Bagi jurnalis seperti kami, bantuan terbaik yang bisa kami dapatkan adalah membiarkan kami bekerja,” kata Biel Alino dikutip 20minutos.es, Kamis (28/5/2020).

Menurut Biel Alino, La Liga tidak perlu membatasi akses bagi jurnalis peliput. La Liga cuma butuh menerapkan pedoman khusus bagi jurnalis, seperti menyediakan spot berjarak bagi para fotografer yang bekerja di pinggir lapangan. (Baca juga: Liga Inggris Kembali Digelar 17 Juni 2020)
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak