Soal Dugaan Teriakan Kasar Chen Qingchen, BWF Ngaku Belum Terima Laporan Resmi

Minggu, 08 Agustus 2021 - 22:01 WIB
loading...
Soal Dugaan Teriakan Kasar Chen Qingchen, BWF Ngaku Belum Terima Laporan Resmi
Soal Dugaan Teriakan Kasar Chen Qingchen, BWF Ngaku Belum Terima Laporan Resmi. Foto: IST
A A A
TOKYO - Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF), memberikan pernyataan soal adanya pengaduan resmi dari Korea Selatan (Korea Selatan) terkait insiden kata kasar pebulu tangkis ganda putri asal China, Chen Qingchen di Olimpiade Tokyo 2020 . Melalui pernyataan resmi, mereka mengatakan bahwa Korsel, dalam hal ini Asosiasi Bulutangkis Korsel (BAK) tidak mengirim laporan apapun kepada BWF terkait masalah tersebut.

Situasi ini sejatinya sempat menarik perhatian karena Chen yang berpasangan dengan Jia Yifan mengeluarkan umpatan wocao saat menghadapi ganda putri Korsel, Kim So-yeong dan Kong Hee-yong, baik di fase grup dan semifinal. Hal ini kemudian membuat BAK geram dan dilaporkan telah mengeluarkan protes resmi kepada BWF .

Baca Juga: BWF Bikin Blunder Memalukan Saat Posting Hasil Final Ganda Putri

Jelas kondisi ini menepis kabar sebelumnya yang mengatakan BAK telah mengajukan pengaduan resmi terkait umpatan Chen. Namun, BWF membantahnya dan menyatakan kondisi di lapangan saat pertandingan berlangsung baik-baik saja.

“BWF belum menerima keluhan resmi dari Asosiasi Bulu Tangkis Korea,” tulis pernyataan resmi BWF yang dilansir dari The Star News, Minggu (8/8/2021).

“Wasit turnamen kami yang bertugas tidak melaporkan bahwa sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di lapangan,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Chen telah mengklarifikasi bahwa kata yang dia gunakan hanyalah untuk mendorong dirinya meraih banyak poin dalam pertandingan. Terlebih ia juga mengungkapkan permintaan maaf jika itu menyebabkan kesalahpahaman.

Kendati begitu, Chen/Jia berhasil membawa pulang medali perak dari Olimpiade Tokyo 2020 . Mereka gagal mendapatkan emas usai takluk dari ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dengan skor 19-21 dan 15-21.

Sementara itu Kim/Kong harus puas meraih medali perunggu. Setelah takluk dari Chen/Jia di babak semifinal, mereka sukses memenangi laga perebutan medali perunggu melawan rekan senegara yakni Lee So Hee/Shin Seung Chan.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1502 seconds (10.55#12.26)